22 Jan 2024

Badan Kesbangpol Provinsi Sulawesi Barat melakukan Roadshow untuk Jaga Kondusifitas Wilayah Menjelang Pemilu 2024.

 

Mamasa - Badan Kesbangpol Provinsi Sulawesi Barat melakukan roadshow ke Kabupaten sebagai bagian dari upaya pencegahan konflik sosial menjelang Pemilu 2024. Kegiatan ini melibatkan koordinasi intensif dengan pihak terkait guna menjaga kondusifitas wilayah. Jumat (19/1).

 

Dalam rangka mendukung stabilitas dan keamanan, Badan Kesbangpol secara aktif berkomunikasi dengan pemerintah daerah, instansi terkait serta Tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh agama. Langkah-langkah ini diambil untuk memastikan pemahaman yang komprehensif mengenai situasi setempat dan mengidentifikasi potensi kerawanan.

 

"Melalui roadshow ini, Badan Kesbangpol juga berfokus pada dialog interaktif dengan masyarakat, menyampaikan informasi mengenai proses pemilu, dan merespons aspirasi serta kekhawatiran yang mungkin timbul. Tujuan utama adalah menciptakan pemahaman bersama dan meminimalkan risiko konflik sosial" ucap Muhammad Yusuf Tahir Plt. Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sulawesi Barat.

 

"Pentingnya koordinasi antarlembaga dan keterlibatan masyarakat dalam menjaga stabilitas di Kabupaten menjadi fokus utama Badan Kesbangpol. Melalui langkah-langkah ini, diharapkan wilayah dapat menghadapi masa pemilu dengan kondisi yang aman, damai, dan kondusif" sambungnya

 

Masih Muhammad Yusuf Thahir, Khusus untuk Wilayah Kabupaten Mamasa, terdapat beberapa hal yang perlu menjadi fokus perhatian. Pertama, perhatikan dengan seksama potensi daerah rawan konflik, kemudian Identifikasi dengan jelas titik-titik potensial yang mungkin memunculkan gesekan, baik itu terkait dengan perbedaan politik, maupun faktor-faktor lain yang dapat memicu ketegangan. Kemudian, lakukan upaya-upaya pencegahan konflik secara dini melalui dialog antar kelompok masyarakat, penyuluhan, dan pembentukan mekanisme resolusi konflik yang efektif. 

 

Keterlibatan Tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh agama juga dapat menjadi kunci dalam memediasi potensi konflik yang muncul. Selain itu, perhatikan dengan cermat perkembangan situasi politik nasional yang dapat berdampak pada dinamika di Kabupaten Mamasa. Koordinasi yang baik antara pemerintah daerah dan pusat dapat membantu mengatasi berbagai tantangan yang mungkin muncul, tutupnya.

 

(Rls)

Read 342 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments