02 Apr 2024

Hadiri Webinar BPSDM Sulbar, Bahas Pengalaman Dari Berwisata Jadi Pengelola Wisata

 

MAMUJU - Sulawesi Barat memiliki potensi pariwisata yang sangat unik dan beragam. Mulai dari keindahan wisata alam, budaya dan buatan. 

 

Pada tahun 2022, Sulawesi Barat berhasil menempatkan Desa Wisata Tondok Bakaru yang terletak di Kabupaten Mamasa masuk dalam peringkat 50 besar terbaik dalam acara Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI). 

 

Selain itu, event pariwisata unggulan Sulawesi Barat juga masuk dalam Kharisma Event Nusantara. 

 

Sandeq Race Festival juga pernah ditetapkan sebagai top 30 event pariwisata terbaik nasional dalam calender of event Kementerian Pariwisata tahun 2019.

 

Serta tahun 2022 lalu 2 even yang berbasis pada kearifan lokal masyarakat sulbar masuk dalam ajang kharisma even nusantara atau KEN yaitu festival kota tua majene di Majene dan festival Manakarraq di Mamuju 

 

Dalam berbagai kesempatan Pj Gubernur sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh menekankan perlunya pengembangan daya tarik wisata di Sulbar, potensi kepariwisataan di Sulbar agar kunjungan wisatawan ke daerah semakin meningkat dan usaha kepariwisataan dapat bergeliat sehingga terbuka lapangan kerja angka pengangguran dapat di tekan pendatapan daerah dapat meningkat terus menerus.

 

Dalam rangka meningkatkan kreativitas dan pengetahuan Aparatur Sipil Negara (ASN) di bidang pariwisata, BPSDMD Provinsi Sulawesi Barat akan menyelenggarakan Webinar ASN Kreatif Seri-44 dengan tema “ASN, Dari Berwisata Hingga Kelola Wisata

 

Adapun, keynote speaker akan diisi Sekprov Muhammad Idris, dan narasumbernya Abdul Jalil Mattewakkang, Pendamping Desa Wisata Sulawesi Selatan, dan Amriadi, Ketua Pemandu Wisata Mamuju. 

 

Keduanya akan berbagi pengalaman serta pengetahuan mereka dalam mengembangkan pariwisata. 

 

Webinar ini merupakan kolaborasi antara BPSDMD Provinsi Sulawesi Barat dan Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Barat, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih luas kepada ASN tentang potensi pariwisata di daerah serta bagaimana peran mereka dalam pengelolaan dan pengembangan wisata.

 

“Kami berharap melalui webinar ini, para ASN dapat memperoleh wawasan yang mendalam mengenai potensi pariwisata di Sulawesi Barat serta dapat menjadi agen perubahan dalam pengelolaan dan pengembangan pariwisata di daerah masing-masing." ujar Kepala BPSDMD Provinsi Sulawesi Barat , Farid Wajdi.

 

Webinar ini dijadwalkan akan dilaksanakan pada hari Rabu, 3 April 2024, pukul 09.00 - 12.00 WITA dan diharapkan dapat diikuti oleh seluruh ASN yang memiliki minat dalam pengembangan pariwisata di Provinsi Sulawesi Barat

 

Penulis : BPSDM

Editor : humassulbar

Read 69 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments