31 Jan 2024

Rapat Akselerasi Implementasi Gerakan Tolsih, Koordinasikan Langkah dan Menyatukan Upaya dalam Penilaian Toilet Bersih dan Sehat

 

MAMUJU--Dinas Kesehatan Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar Rapat dalam rangka Akselerasi Implementasi Gerakan Toilet Bersih (Tolsih) di Sulbar, Rabu 31 Januari 2024. Rapat dipimpin langsung Kepala Dinas Kesehatan Sulbar, drg. Asran Masdy. 

 

Digelar secara virtual, rapat tersebut melibatkan berbagai lintas sektor antar kabupaten, seperti kepala dinas kesehatan kabupaten se-Sulbar, kepala puskesmas se-Sulbar. Kegiatan itu juga dihadiri pengelola program kesehatan lingkungan dari Dinas Kesehatan Sulbar.

 

Tujuan utama dilaksanakannya kegiatan itu adalah untuk mengkoordinasikan langkah-langkah dan menyatukan upaya dalam penilaian toilet bersih dan sehat.

 

Setiap kabupaten di Sulbar akan membentuk tim penilai yang akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan kabupaten dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten setempat. Hasil penilaian akan disampaikan kepada tim Satuan Tugas (Satgas) Tolsih Sulbar, yang kemudian akan dilaporkan kepada Pj. Gubernur Sulbar.

 

Gerakan Tolsih akan menilai kebersihan dan kesehatan toilet di berbagai tempat, seperti sekolah, perkantoran, pasar, terminal, rumah ibadah, dan fasilitas kesehatan (rumah sakit dan puskesmas) berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.

 

Fokus penilaian dalam minggu ini terutama pada jenjang sekolah, termasuk TK, SD, SMP, dan SMA/Sederajat.

 

Kepala Dinas Kesehatan Sulbar, drg. Asran Masdy mengatakan, program Toilet Bersih merupakan salah satu inisiatif Pj. Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh, yang bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan toilet umum serta fasilitas sanitasi lainnya, sebagai bagian integral dari upaya kesehatan masyarakat terutama dalam upaya percepatan penurunan prevalensi stunting di Sulbar.

 

 

"Upaya bersama dalam Gerakan Tolsih menjadi landasan penting dalam meningkatkan kualitas sanitasi dan kesehatan masyarakat Sulbar," pungkasnya. (rls)

Read 76 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments