22 Des 2021

Lantik Pengurus FKUB Sulbar, Ali Baal Harap Tokoh Agama Jadi Teladan Umat

 

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar didampingi Kepala Badan Kesbangpol Sulbar, Herdin Ismail melantikan Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulbar, di Kantor Merah Putih Gubernur Sulbar, Rabu, 22 Desember 2021.

"Saya mengajak kita sekalian untuk menjadi teladan umat, utamanya dalam menjalin jiwa harmoni antar umat beragama, dalam artian bahwa kerukunan tak sebatas pada tingkatan tokoh agama, namun juga terjabarkan menjadi etika sosial seluruh umat beragama,"sebut Ali Baal Masdar, Gubernur Sulbar 

Disampaikan, kehadiran FKUB selama ini memberikan kontribusi aktif terhadap pembangunan pemerintah daerah, khususnya dalam sektor pembinaan kerukunan umat beragama. Dimana telah diketahui bersama bahwa keragaman berbagai latar belakang agama tentu menjadi kekayaan tersendiri yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, sehingga memiliki pengaruh besar terhadap perubahan dan kemajuan bangsa.

"Saya meminta peran tokoh-tokoh agama khususnya yang tergabung dalam FKUB Sulbar ini, benar-benar menjadi garda terdepan dalam mengampanyekan nilai-nilai toleransi dan modernisasi beragama,"pungkas mantan Bupati Polman dua periode itu

Lebih lanjut disampaikan, kondisi saat ini tentu disadari tidak berjalan mulus, sejumlah hambatan dari berbagai sisi masih didapatkan timbulnya konflik yang mengatasnamakan agama, mulai dari perebutan lahan, pembangunan rumah ibadah, izin pendirian rumah ibadah. Tingkat ketidakpastian dan menjalin kerjasama dengan pemeluk agama yang berbeda keyakinan adalah merupakan contoh yang seringkali memicu konflik horizontal.

"Kita sadari pemerintah tidak dapat berjalan sendiri tanpa hadirnya elemen-elemen seperti FKUB. Untuk itu, pemerintah terus berkomitmen agar ke depan posisi FKUB tetap menjadi bagian penting sebagai mitra strategis pemerintah,"bebernya 

Ketua FKUB Sulbar, Sahabuddin Kasim menyampaikan, tujuan pelantikan Pengurus FKUB Sulbar yakni dalam rangka menciptakan harmonisasi dan kerukunan yang erat antar umat beragama di Indonesia pada umumnya dan di Sulbar pada khususnya.

"Pelantikan ini memberikan suatu semangat baru dan kekuatan baru dalam merespon kebutuhan masyarakat utamanya pembinaan bimbingan keagamaan "ujarnya (farid) 

 

 

 

Read 1276 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments