21 Sep 2021

Ali Baal : Penyusunan Rencana Kontingensi Harus Berbasis Riil Kondisi Ancaman Bencana

 

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar membuka Pelatihan Perencanaan Kontingensi Angkatan I Bagi SKPD Penanggulangan Bencana di Sulbar Prioritas Nasional 2021, Senin 20 September 2021.

Bertempat  di Hotel Grand Putra, Jalan Maccirinai Mamuju,  pelatihan itu diselenggarakan oleh BPBD Sulbar.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar mengatakan,  pelatihan rencana kontingensi diperlukan untuk mengembangkan kompetensi aparatur secara terintegrasi, yang diukur berdasarkan kemampuan menyusun dokumen rencana kontingensi berdasarkan rencana jenis ancaman bencana di setiap wilayah. 

"Pelatihan ini merupakan upaya mempersiapkan sumber daya manusia dengan kemampuan dan keterampilan yang memadai melakukan penanganan darurat bencana,"kata Ali Baal

Ali Baal menekankan, dalam penyusunan rencana kontingensi harus berbasis riil kondisi ancaman bencana untuk dilakukan penanganan darurat.

Olehnya itu, Ali Baal menegaskan,  perencanaan perlu memperhatikan pendayagunaan potensi sumber daya yang ada, untuk melaksanakan kegiatan dengan tepat, efisien dan efektif guna penyelamatan dan menghindari korban jiwa. 

Selain itu, melakukan upaya maksimal mencegah warga menjadi korban kehilangan harta benda dan sebagainya. 

"Itulah sebabnya sangat diperlukan kemampuan dan keterampilan kontingensi pengurangan resiko bencana seminimal mungkin,"tandas Ali Baal

Sehubungan hal tersebut, Ali Baal mengatakan, pelatihan itu membutuhkan komitmen yang disertai semangat kebersamaan, untuk bersungguh-sungguh melakukan upaya maksimal demi hasil terbaik merencanakan kontingensi penanganan bencana khususnya di Sulbar.

"Hanya dengan cara itulah kita akan bisa menolong rakyat memiliki kesiapan dan tangguh menghadapi bencana,"pungkasnya (Ayu)

 

Read 438 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments