24 Sep 2024

Kunjungan ke Mamasa, Pj Bahtiar Silaturahmi Bersama para Petani

 

MAMASA - Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin bersama rombongan silaturahmi dengan para petani di Kabupaten Mamasa, Senin 23 September 2024.

 

Ketua Apdesi Mamasa, Abdul Rahman Tona mengatakan , masyarakat berbagai pertanian digeluti mulai tanam nilam, coklat, padi, kopi dan pertanian lainnya.

 

"Disinilah pusat penghasil coklat, kopi dan sekarang masyarakat menanam nilam. Jadi semua tanaman di sini cocok sekali," kata Abdul Rahman Tona

 

Ia menambahkan , jika ada program yang bersentuhan kepada petani, daerah Mamasa bisa diperhatikan.

 

"Daerah ini memang cocok tanaman, semoga kehadiran pak Gubernur bisa menjadi perhatian jika ada programnya sektor pertanian," tambahnya.

 

Namun, paling penting jika ada bantuan bibit serta percetakan sawah maupun bantuan lainnya.

 

Sedangkan, Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin menyampaikan bahwa Mamasa ini cocok sekali menanam aren, kopi, sukun, nangka, durian dan mangga. Tapi jumlahnya banyak agar bisa merasakan manfaatnya.

 

"Disini pasti aren bagus, aren di Majene saja satu pohon Rp7.200.000 per tahun. Ini cukup lumayan jika banyak ditanam misalnya seribu ditanam. Saya juga lagi pesan pengusaha bibit aren asal Sulbar 3.000 pohon, saya hanya kasih contoh masyarakat bahwa hidup tidak harus beratahan di komoditi, coklat juga bagus," ucap Bahtiar.

 

Karena kalau tanam sedikit tidak bisa dibisniskan, satu pohon saja tidak cukup harus jumlahnya banyak. Jadi pedagang bisa datang.

 

"Kalau semua kita kerjakan sedikit-sedikit maka bisnisnya susah, daerahnya jauh dan transportasinya pasti membutuhkan biaya," ungkapnya.

 

Sama halnya, jika fokus bertani kopi di situ perbayak, begitupun kakao jumlahnya harus banyak juga.(rls)

Read 34 times
(0 votes)