18 Sep 2024

Kepala Dinas TPHP Sulbar Jadi Narasumber Pembekalan PKLA Prodi Agribisnis Mahasiswa Unsulbar

 

Mamuju – Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (TPHP) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Syamsul Ma’rif, mengisi pembekalan Praktik Kerja Lapang Agribisnis (PKLA) Mahasiswa Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian dan Kehutanan Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar), Rabu (18/09/2024). 

 

Bertempat di Aula Lantai 2 Dinas TPHP Sulbar, pembekalan tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris drh. Agus Rauf, Kepala Bidang Tanaman Pangan Titiek Anas, Kepala Bidang Hortikultura Masnawi, serta sejumlah staf Dinas TPHP Sulbar.

 

Pembekalan Mahasiswa PKLA tersebut dilakukan guna membimbing dan melatih mahasiswa dengan membekali pengalaman praktik kerja lapangan, sehingga mahasiswa memiliki kemampuan profesional, kreatif, dan iniovatif di bidang Agribisnis Pertanian. Para mahasiswa juga dapat mengenal dunia kerja di bidang pertanian.

 

Kepala Dinas TPHP Sulbar, Syamsul Ma’rif mengatakan, kegiatan pembekalan ini penting untuk dilakukan guna memberikan wawasan mendalam mengenai dunia kerja pertanian. 

 

“Pentingnya mahasiswa memiliki pemahaman mendalam tentang agribisnis dan bagaimana sektor ini berperan dalam pembangunan pertanian yang berkelanjutan,” pungkasnya.

 

Melalui kesempatan itu, Syamsul Ma’rif memberikan tips agar mahasiswa dapat memaksimalkan pengalaman PKLA dengan memahami sistem agribisnis yang kompleks dan dinamis. Dia pun menekankan, mahasiswa perlu memiliki mental yang kuat serta kemampuan berinovasi. 

 

“PKL bukan sekadar formalitas, tetapi ajang bagi mahasiswa untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam menganalisis dan memecahkan masalah di lapangan,” ujarnya.

 

Dalam pembekalan ini, mahasiswa nantinya akan dibagi menjadi tiga kelompok yang akan ditempatkan di Bidang Tanaman Pangan, Bidang Hortikultura, Bidang Penyuluhan, Prasarana dan Sarana Pertanian, UPTD Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPSBTPH) serta UPTD Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH).

 

Penulis : Dinas TPHP Sulbar

Editor : humassulbar

Read 207 times
(1 Vote)