13 Sep 2024

Sukseskan Program TPBIS, Perpusnas RI Kerja Sama DPKD Sulbar Adakan Pertemuan Pemangku Kepentingan

 

Mamuju–Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mengadakan Pertemuan Pemangku Kepentingan Tingkat Provinsi Sulbar di Hotel d'Maleo, Mamuju pada Rabu-Kamis (11-12 September 2024). 

 

Kegiatan ini dalam rangka mendukung kesuksesan penyelenggaraan program prioritas nasional yaitu Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) dan pengembangan perpustakaan desa/kelurahan dan taman baca.

 

Pertemuan ini dihadiri Pustakawan Ahli Utama Renus Siboro mewakili Kepala Perpusnas RI, Kepala DPKD Sulbar Khaeruddin Anas dan berbagai instansi terkait, diantaranya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sulbar, Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Sulbar, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sulbar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar, serta Kepala Dinas dan perwakilan PMD kabupaten se-Sulbar. Hadir juga Ketua UMKM Sulbar.

 

Dalam sambutannya, Pustakawan Ahli Utama Perpusnas RI, Renus Siboro menekankan pentingnya peran perpustakaan dalam mendorong peningkatan literasi di berbagai wilayah. 

 

“Perpustakaan harus menjadi pusat pembelajaran sepanjang hayat dan pengembangan literasi yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat. Kami ingin melihat perpustakaan berperan lebih aktif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” kata Renus Siboro.

 

Kepala DPKD Sulbar, Khaeruddin Anas, menyampaikan bahwa kegiatan itu menjadi momentum strategis dalam membangun kesadaran kolektif tentang pentingnya literasi untuk pembangunan masyarakat. 

 

“Keterlibatan semua pihak dalam pertemuan ini menunjukkan komitmen bersama untuk memajukan literasi di Sulbar. Ini bukan hanya soal membaca, tetapi juga soal bagaimana perpustakaan bisa menjadi pusat inovasi yang menggerakkan ekonomi dan pendidikan masyarakat,” kata Khaeruddin.

 

Khaeruddin juga mengatakan, dengan dukungan dari Perpusnas RI dan seluruh pemangku kepentingan, perpustakaan daerah akan terus berkembang, baik dari segi fasilitas, teknologi, maupun program-program inovatif. 

 

“Kami berharap, hasil dari pertemuan ini dapat menghasilkan kebijakan dan program nyata yang dapat meningkatkan akses literasi di seluruh pelosok Sulbar,” ujarnya.

 

Dalam pertemuan tersebut, para peserta membahas berbagai strategi pengembangan perpustakaan, termasuk peningkatan layanan perpustakaan keliling dan pemanfaatan teknologi digital. Pertemuan ini diakhiri dengan penandatanganan komitmen bersama untuk terus mendukung program literasi dan pengembangan perpustakaan di Sulbar sebagai bagian dari upaya pembangunan daerah.

 

Penulis : DPKD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 56 times
(0 votes)