26 Agu 2024

Pendampingan Tim Dirjen PKH Kementan RI di Polman, Persiapan Lahan dalam Mendukung Program Minum Susu dan Makan Bergizi serta Investasi Peternakan

 

Polman – Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan (Kabid PKH), Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Nur kadar, menghadiri kegiatan pendampingan Tim Dirjen PKH Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) di Kantor Bupati Polewali Mandar (Polman) pada Jum’at (23/08/2024). 

 

Pendampingan tersebut terkait persiapan lahan dalam mendukung program minum susu dan makan bergizi serta investasi peternakan. Kegiatan itu dipimpin oleh Pj. Bupati Polman Muhammad Ilham Borahima, dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk kepala dinas yang membidangi peternakan, dan para camat se-Polman.

 

Dalam sesi diskusi, Tim Dirjen PKH Kementan RI menjelaskan pentingnya persiapan lahan untuk mendukung program utama Presiden RI yaitu program minum susu dan makan bergizi serta investasi di bidang peternakan, dimana persiapan lahan yang optimal dapat meningkatkan produksi susu lokal serta menyediakan sumber daya yang cukup untuk mendukung program makan bergizi bagi masyarakat.

 

Kabid PKH Dinas TPHP Sulbar, Nur Kadar menjelaskan, salah satu tujuan kami adalah memastikan bahwa lahan yang berada di Polman cukup dan dapat disiapkan dalam mendukung kebutuhan produksi dan kualitas pakan ternak. 

 

“Salah satu fokus utama dalam pertemuan ini yaitu Polman melakukan identifikasi lahan yang memiliki potensi terbaik untuk pengembangan peternakan serta implementasi teknologi untuk meningkatkan produktivitas, yang selanjutnya akan disampaikan ke pusat dan akan ditawarkan kepada para Investor,” ungkap Nur Kadar.

 

Dalam pertemuan itu, Pj. Bupati Polman, Muhammad Ilham Borahima menegaskan komitmennya untuk mendukung inisiatif itu.

 

"Kami sangat menyambut baik adanya dari Tim Dirjen PKH. Persiapan lahan yang matang akan menjadi kunci keberhasilan program ini dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Polman,” pungkasnya.

 

Oleh karena itu, Dia menyatakan, para camat akan melakukan pendataan lahan dan akan dilaporkan secepatnya kepada Bidang PKH Polman sebagai bahan disampaikan kepada Dirjen PKH. 

 

Sementara itu, dihubungi melalui seluler, Kepala Dinas TPHP Sulbar Syamsul Ma’rif menyatakan pihaknya siap mendukung program dari Kementan tersebut. Ia menegaskan, program itu adalah langkah strategis untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan produktivitas peternakan di Sulbar. 

 

“Persiapan lahan yang baik akan memastikan bahwa program minum susu dan makan bergizi dapat dilaksanakan dengan efektif. Ini juga akan memperkuat sektor peternakan lokal, yang sangat penting bagi ekonomi daerah,” ujarnya.

 

Kunjungan Tim Dirjen PKH Kementan RI ke Polman menandai langkah awal yang penting dalam mempersiapkan lahan. 

 

Dengan adanya dukungan dan kolaborasi yang erat antara pemerintah pusat dan daerah, diharapkan program-program ini dapat dilaksanakan dengan sukses dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

 

Penulis : Dinas TPHP Sulbar

Editor : humassulbar

Read 105 times
(0 votes)