19 Agu 2024

Tim Dokter Hewan Dinas TPHP Periksa Kesehatan Anjing K9 di Polda Sulbar

 

Mamuju - Tim Dokter Hewan dari Klinik Hewan UPTD Lab Veteriner dan Mutu Pakan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (TPHP) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Anjing K9 di Polda Sulbar, Jumat (16/08/2024). 

 

Pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan kesehatan dan kebugaran anjing-anjing yang berperan penting dalam tugas kepolisian, terutama dalam mendukung operasi pencarian dan penyelidikan.

 

drh. Fuji, salah satu Dokter Hewan yang turut memeriksa Anjing K9 tersebut mengatakan, pemeriksaan di mulai dengan pengukuran suhu tubuh, pemeriksaan gigi, dan penilaian kondisi fisik secara keseluruhan. 

 

Dalam kesempatan itu juga, Tim Dokter Hewan memberikan edukasi kepada petugas Polda Sulbar mengenai perawatan dan pemeliharaan yang tepat untuk menjaga kesehatan Anjing K9.

 

Tim Dokter Hewan juga mengingatkan pentingnya perhatian terhadap kesehatan mental Anjing K9, mengingat mereka seringkali terlibat dalam situasi yang menegangkan. 

 

Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari pihak Polda Sulbar, yang menyadari pentingnya kesehatan Anjing K9 dalam menjalankan tugas mereka.

 

Danki II Peleton I Ditsamapta Polda Sulbar, IPDA Sandi mengatakan, Anjing K9 bernama Bono dan Merez merupakan anjing spesies Molinois Belgia berumur 11 bulan dan 2 tahun.

 

"Anjing K9 tersebut merupakan mitra kami dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Dengan adanya pemeriksaan kesehatan rutin, kami berharap dapat meningkatkan kinerja mereka di lapangan," ucapnya.

 

Melalui kegiatan ini, diharapkan hubungan antara manusia dan Anjing K9 dapat terjalin lebih baik, sehingga keduanya dapat bekerjasama secara optimal.

 

Dihubungi secara terpisah, Kepala Dinas TPHP Sulbar, Syamsul Ma'rif mengatakan, pemeriksaan kesehatan itu merupakan bagian dari komitmen bersama untuk menjaga kesejahteraan hewan, serta meningkatkan efektivitas Tim K9 Polda Sulbar dalam menjalankan tugasnya. 

 

"Ke depannya, diharapkan kegiatan serupa dapat dilakukan secara berkala untuk memastikan kesehatan dan performa Anjing K9 di Polda Sulbar tetap terjaga," ungkapnya.

 

Penulis : Dinas TPHP Sulbar

Editor : humassulbar

Read 98 times
(0 votes)