16 Agu 2024

Penebaran Kepiting Bakau Pemprov Sambut HUT RI ke-79, Suyuti: Penangkarannya Sudah Siap

 

MAMUJU - Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin bersama rombongan akan melakukan penebaran kepiting bakau di dua titik yakni di Desa Bambu dan Sumare, Kabupaten Mamuju, Kamis 16 Agustus 2024.

 

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Barat Suyuti Marzuki mengatakan persiapan dalam pelepasan kepiting sudah disiapkan. 

 

"Sudah dua hari kami membuat penangkaran sederhana di Sumare. Dimana Insyaallah akan menjadi tempat pelepasan kepiting bakau oleh Pj. Gubernur , Bahtiar," kata Suyuti.

 

Ia menambahkan jajaran DKP dikomandoi Kepala Bidang Perikanan Budidaya Roswati P untuk bersama-sama membuat penangkaran kepiting bakau yang berbahan baku dari bambu.

 

Apalagi, ini merupakan gagasan Pj Gubernur dan ditindaklanjuti oleh DKP usai study karya inovasi bersama sejumlah Kepala OPD dengan berkunjung ke beberapa daerah di Sulwesi Selatan, termasuk ke Kabupaten Bone yang dikenal sebagai penghasil bibit kepiting bakau yang berkualitas. 

 

Bahkan, kata Suyuti berbagai kegiatan dilakukan mendukung program kerja Pj Gubernur dalam melestarikan wilayah pesisir.

 

Mulai, melakukan penurunan bakal rumah ikan berupa ban bekas, bangkai kendaraan roda dua dan buis beton di beberapa titik di sepanjang teluk Mamuju.

 

Selain itu, upaya pelestarian wilayah pesisir, pula telah dilaksanakan oleh Kadis yang pernah berkiprah di KKP RI ini, dengan mengumpulkan dan menanam ribuan bibit mangrove.

 

"Tentu, kami akan terus berusaha agar kegiatan serupa dapat kami laksanakan di semua kabupaten pesisir di Sulawesi Barat, mudah-mudahan kita bisa mendapat anggaran yang memadai," tandasnya.(rls)

Read 203 times Last modified on Jumat, 16 Agustus 2024 19:31
(0 votes)