25 Jul 2024

Buka Pelatihan Budidaya Ternak Sapi, Syamsul Ma’rif Sebut Potensi Peternakan di Sulbar Sangat Besar

 

Mamuju–Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (TPHP) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Syamsul Ma’rif memberikan sambutan sekaligus membuka acara Pelatihan Budidaya Ternak Sapi, yang diadakan oleh Bank Indonesia Perwakilan Sulbar di Grand Maleo Hotel & Convention Mamuju, Kamis (25/07/2024).

 

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas TPHP Sulbar, Nur Kadar, Pemateri yang merupakan Peternak Millenial Abdul Waris dari Kabupaten Sinjai, Pengurus Pondok Pesantren Darul Falah, Nurul Jadid, Rezky Anugrah, dan Al Bana Asing HNW serta sejumlah Santri Pondok Pesantren Darul Falah.

 

Dalam sambutannya, Kepala Dinas TPHP Sulbar, Syamsul Ma’rif mengapresiasi kegiatan itu yang juga sejalan dengan program Pj. Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin yang ingin mengembangkan peternakan di Sulbar. 

 

“Potensi peternakan di Sulbar sangat besar, mengingat kita sebagai penyangga IKN. Sebelum adanya IKN pun Sulbar sudah menjadi penyuplai kebutuhan ternak ke Kalimantan Timur,” ungkapnya.

 

Syamsul Ma’rif berharap, peserta pelatihan mendapatkan materi yang komperehensif, ilmu yang diperoleh dapat diimplementasikan dengan mulai menjalankan usaha, atau meningkatkan kualitas usaha peternakan.

 

Bank Indonesia mendorong pondok-pondok pesantren di Sulbar untuk mendukung kemandirian ekonomi dengan beternak. Upaya ini diharapkan dalam jangka pendek dan jangka panjang dapat mengendalikan inflasi (kenaikan harga-harga) dari komoditas hasil peternakan.

 

Penulis : Dinas TPHP Sulbar

Editor : humassulbar

Read 101 times
(0 votes)