22 Jul 2024

UPTD BPHMT-IB Dinas TPHP Sulbar Monitoring Pengolahan Lahan Hijauan Makanan Ternak di Desa Batupanga Da’ala Polman

 

Polman--Kepala UPTD Balai Perbibitan Hijauan Makanan Ternak dan Inseminasi Buatan (BPHMT-IB) Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Nurdin, bersama staf turun langsung melakukan monitoring dan pengecekan penanaman bibit rumput pakchong di Desa Batupanga Da’ala, Kecamatan Luyo, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sabtu (20/07/2024).

 

Dalam upaya memenuhi kebutuhan pakan hijauan untuk ternak sapi potong di IPTU Beroangin, memulai kegiatan pemanfaatan lahan seluas 5 hektar di Batupanga Da’ala sebagai kebun rumput. Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap dengan pendampingan intensif dari Koordinator Lapangan Kuntum Khairul Umar dan Fungsional Pengawas Mutu Pakan Sulbar.

 

Kepala UPTD BPHMT-IB Dinas TPHP Sulbar, Nurdin menjelaskan bahwa pendampingan itu bertujuan untuk memastikan setiap tahap penggarapan dan penanaman bibit rumput dilakukan secara optimal, sehingga dapat menghasilkan pakan hijauan yang berkualitas.

 

"Kami ingin memastikan bahwa seluruh proses, mulai dari pengolahan lahan hingga penanaman bibit, dilakukan dengan tepat. Ini penting agar hasil yang didapatkan maksimal dan mampu memenuhi kebutuhan pakan ternak di IPTU Beroangin," ujar Nurdin. 

 

Sementara itu, Kepala Dinas TPHP Sulbar, Syamsul Ma’rif menyampaikan, hal yang perlu mendapat perhatian khusus adalah ketersediaan air untuk memastikan pertumbuhan hijauan tidak terganggu, terutama pada musim kemarau. 

 

“Musim kemarau sering kali menjadi kendala utama dalam kegiatan penanaman hijauan makanan ternak, sehingga langkah-langkah antisipatif seperti pengecekan rutin ketersediaan air sangat diperlukan,” pungkasnya.

 

Penulis : Dinas TPHP Sulbar

Editor : humassulbar

Read 142 times
(1 Vote)