02 Jul 2024

Komisi IV DPRD Sulbar Lakukan Pendalaman dan Sharing Informasi Pengelolaan DAK di Kantor Dinas Pendidikan Gorontalo

 

Gorontalo--Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan kunjungan kerja ke Kantor Dinas Pendidikan Gorontalo, Senin 01 Juli 2024. Kunjungan ini bertujuan untuk mendalami dan berbagi informasi terkait pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) di Bidang Pendidikan.

 

Rombongan Komisi IV DPRD Sulbar yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi, Hatta Kainang, diterima langsung oleh Kepala Bidang SMA dan Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan Gorontalo, Since Ladji, beserta jajaran. Turut hadir dalam rombongan, Wakil Ketua DPRD Sulbar, H. Abdul Rahim bersama Sekretaris DPRD Subar Muhammad Hamzih dan beberapa staf Sekretariat DPRD Sulbar.

 

Dalam pertemuan tersebut, berbagai isu strategis terkait pengelolaan DAK dibahas, termasuk efisiensi penggunaan Anggaran DAK, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), peningkatan mutu pendidikan, serta tantangan dan solusi dalam implementasi program-program pendidikan.

 

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sulbar, Hatta Kainang, mengungkapkan bahwa kunjungan itu sangat penting untuk memahami lebih dalam bagaimana Gorontalo mengelola DAK di sektor pendidikan. 

 

"Kami berkunjung ke Dinas Pendidikan Gorontalo terkait tentang bagaimana pengelolaan DAK, yang mana modelnya baik swakelola ataupun lelang," kata Hatta Kainang.

 

Pihaknya berharap melalui sharing informasi tersebut mendapatkan beberapa masukan serta memperoleh wawasan dan praktik terbaik yang dapat diadopsi di Sulbar. 

 

“Olehnya pertemuan ini menjadi perbandingan bagi kami ketika melakukan rapat dengan Dinas Pendidikan Sulbar,” ucapnya.

 

“Adapun tentang bagaimana posisi MKKS yang menggantikan peran UPTD dinas itu, juga kita akan coba cermati, serta terkait proses penerimaan siswa baru itu hal-hal yang bisa kami coba share dengan Dinas Pendidikan Sulbar terkait apa yang sudah dilakukan oleh Dinas Pendidikan Gorontalo,” imbuhnya.

 

Sementara itu, Kepala Bidang SMA dan Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan Gorontalo, Since Ladji, menyambut baik kunjungan itu dan berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam pengelolaan DAK di Sulbar. 

 

"Kami siap berbagi pengalaman dan strategi yang telah kami terapkan dalam pengelolaan DAK. Semoga kerja sama ini dapat memperkuat sistem pendidikan di kedua provinsi," katanya.

 

Kunjungan kerja ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara kedua provinsi ini dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan melalui pengelolaan dana yang lebih efektif dan efisien. Komisi IV DPRD Sulbar berkomitmen untuk terus belajar dan mengadopsi praktik terbaik demi kemajuan pendidikan di Sulbar. 

 

Penulis : Humas DPRD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 231 times
(0 votes)