27 Jun 2024

BPBD Ikuti Latihan Gabungan Pencarian dan Pertolongan terhadap Kecelakaan Kapal di Wilayah Sulbar

 

Mamuju-- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Barat (Sulbar) berpartisipasi dalam latihan gabungan pencarian dan pertolongan terhadap kecelakaan kapal di wilayah Sulbar. Kegiatan ini diselenggarakan di Hotel Aflah, Kabupaten Mamuju, Rabu 26 Juni 2024 dan secara resmi dibuka oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mamuju, Muhammad Rizal.

 

Dalam kegiatan ini, BPBD Sulbar mengirimkan delegasi yang terdiri dari:

1. Inaldy L.S. Silang, Penata Penanggulangan Bencana Ahli Muda sekaligus Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops).

2. Lola Firza Samiya, Operator Pusdalops.

3. Syahrang, Penelaah Teknis Kebijakan sekaligus Tim Penyelam.

4. Ridwan, Anggota Tim Penyelam. 

 

Inaldy L.S. Si’lang menyampaikan, partisipasi BPBD Sulbar dalam latihan gabungan itu merupakan bentuk komitmen dalam meningkatkan kapasitas dan kesiapsiagaan tim BPBD Sulbar, khususnya dalam menghadapi potensi kecelakaan kapal di perairan Sulbar. 

 

“Latihan ini mencakup berbagai aspek pencarian dan pertolongan, termasuk simulasi koordinasi antar lembaga, penggunaan peralatan SAR terkini, dan teknik penyelamatan di air. Tim BPBD Sulbar aktif terlibat dalam setiap sesi, berbagi pengalaman dan belajar dari instansi lain yang hadir,” ujar Inaldy.

 

Muhammad Rizal, dalam sambutannya, menekankan pentingnya kolaborasi antar instansi. Menurutnya, latihan gabungan itu bukan hanya tentang meningkatkan keterampilan teknis, tapi juga membangun komunikasi dan koordinasi yang efektif antar lembaga. 

 

“Ini sangat krusial dalam situasi darurat di laut," tandasnya.

 

Pihaknya berharap latihan itu dapat meningkatkan kemampuan dan kesiapan seluruh pihak dalam menghadapi situasi darurat di laut. 

 

“Keselamatan masyarakat adalah prioritas utama kita, dan latihan seperti ini sangat penting untuk memastikan kita selalu siap menghadapi segala kemungkinan," tambahnya.

 

Latihan labungan ini dijadwalkan berlangsung selama dua hari dan akan melibatkan berbagai skenario untuk memastikan kesiapan seluruh pihak dalam menghadapi berbagai jenis kecelakaan kapal yang mungkin terjadi di wilayah Sulbar.

 

Di tempat terpisah, Plt. Kepala Pelaksana BPBD Sulbar, Muhammad Yasir Fattah mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi inisiatif Kantor Pencarian dan Pertolongan Mamuju dalam menyelenggarakan latihan gabungan itu. 

 

“Kegiatan seperti itu sangat penting untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan seluruh instansi terkait dalam menghadapi potensi kecelakaan kapal di perairan Sulbar," ucapnya.

 

Yasir Fattah menekankan pentingnya partisipasi BPBD Sulbar dalam kegiatan itu. Olehnya, BPBD Sulbar mengirimkan tim terbaik untuk mengikuti kegiatan itu, terdiri dari Inaldy L.S. Silang sebagai Koordinator Pusdalops, Lola Firza Samiya sebagai Operator Pusdalops, Syahrang sebagai Penelaah Teknis Kebijakan, dan Ridwan dari tim penyelam. 

 

“Mereka akan membawa pengalaman berharga ini kembali ke BPBD untuk meningkatkan kapasitas kami secara keseluruhan," ujarnya.

 

Dia menambahkan, setelah kegiatan itu pihaknya akan melakukan evaluasi internal dan mengintegrasikan pembelajaran dari latihan tersebut ke dalam prosedur operasi standar BPBD Sulbar. 

 

“Kami juga berencana untuk meningkatkan koordinasi rutin dengan Kantor SAR dan instansi terkait lainnya,” tambahnya.

 

Penulis : BPBD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 207 times
(8 votes)