26 Jun 2024

Hari Kedua Pendampingan Pengelolaan Infrastruktur Darurat Fokus pada Pemulihan Segera

 

Yogyakarta--Memasuki hari kedua, Pendampingan Pengelolaan Infrastruktur Darurat terus berlangsung di Hotel Indoluxe Yogyakarta, Selasa 25 Juni 2024. Acara yang diselenggarakan sejak 23 Juni 2024 ini menghadirkan narasumber ahli di bidang penanggulangan bencana.

 

Hadir dalam kegiatan ini sebagai peserta, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Barat (Sulbar) Arnidah, didampingi oleh Muhammad Ali Rahman, Penelaah Teknis Kebijakan BPBD Sulbar. Kehadiran mereka menunjukkan komitmen Pemerintah Provinsi Sulbar dalam meningkatkan kapasitas penanganan darurat bencana.

 

Hari kedua pendampingan ini menghadirkan narasumber dari FORUM PB DIY, Danang Samsurizal. Ia menyampaikan materi berjudul "Peningkatan Kapasitas Penyelenggaraan Pemulihan Segera Prasarana dan Sarana Vital pada Saat Keadaan Darurat Bencana".

 

Dalam presentasinya, Danang menekankan pentingnya kesiapsiagaan dan respon cepat dalam pemulihan infrastruktur kritis pasca bencana.

 

"Pemulihan prasarana dan sarana vital harus menjadi prioritas utama dalam penanganan darurat bencana. Hal ini krusial untuk memastikan keberlangsungan layanan dasar bagi masyarakat terdampak," ujar Danang dalam paparannya.

 

Lanjut Danang menyampaikan, pembinaan ini mencakup berbagai aspek penting dalam pemulihan prasarana dan sarana vital, termasuk:

1. Asesmen cepat kerusakan infrastruktur. 

2. Prioritisasi pemulihan sarana vital. 

3. Koordinasi lintas sektor dalam pemulihan darurat. 

4. Manajemen sumber daya dalam kondisi terbatas. 

5. Integrasi teknologi dalam pemulihan cepat. 

 

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sulbar Arnidah menyatakan, materi yang disampaikan narasumber tersebut sangat relevan dengan kondisi Sulbar yang rawan bencana. 

 

"Kami akan mengaplikasikan pengetahuan ini untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan pemulihan di daerah kami," ujarnya. 

 

Pendampingan Pengelolaan Infrastruktur Darurat yang akan berlangsung hingga 28 Juni 2024 tersebut akan terus menghadirkan narasumber ahli di bidang penanggulangan bencana.

 

Senada dengan Arnidah, Plt. Kepala Pelaksana BPBD Sulbar, Muhammad Yasir Fattah juga menyampaikan, materi yang disampaikan oleh Danang Samsurizal pada hari kedua kegiatan sangat relevan dengan kondisi Sulbar. Olehnya itu, Ia menyatakan, pengetahuan itu akan memperkuat kemampuan BPBD dalam penanganan darurat bencana.

 

"Kehadiran Ibu Arnidah selaku Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, didampingi Bapak Muhammad Ali Rahman sebagai Penelaah Teknis Kebijakan, menunjukkan komitmen kami untuk terus meningkatkan kapasitas SDM BPBD Sulbar," ucap Yasir Fattah. 

 

"Kami berharap, setelah mengikuti pembinaan ini, tim BPBD Sulbar dapat mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan baru dalam meningkatkan kesiapsiagaan dan kapasitas pemulihan di Sulbar," sambungnya.

 

Yasir Fattah menekankan, BPBD Sulbar akan terus berupaya meningkatkan kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat, untuk memperkuat sistem penanggulangan bencana di daerah.

 

Penulis : BPBD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 349 times
(2 votes)