22 Jun 2024

Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana Angkatan V BPBD Sulbar Hadirkan Dua Narasumber

 

Mamuju--Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana Angkatan ke V oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Barat (Sulbar) Angkatan ke V berlangsung di Hotel Grand Putra Kabupaten Mamuju, Jumat 21 Juni 2024. 

 

Pelatihan ini diikuti oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Mamuju, BPBD Mamuju, Camat Kalumpang, Camat Bala-balakang, Kepala Desa/Lurah dan Aparat Desa Kecamatan Kalumpang, serta Kepala Desa/Lurah dan Aparat Desa Kecamatan Bala-balakang, serta BPBD Sulbar.

 

Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana Angkatan V ini menghadirkan dua narasumber ahli di bidangnya masing-masing :

 

Narasumber pertama, Robert Budiman, Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPD Mamuju. Judul Materi: Penyusunan Program Penanggulangan Bencana Tingkat Desa dan Kecamatan. Dalam paparannya, Ia menyampaikan pentingnya perencanaan yang matang dalam penanggulangan bencana di tingkat desa dan kecamatan. 

 

Robert menekankan, program yang disusun harus sesuai dengan karakteristik dan potensi bencana di masing-masing daerah. Ia menjelaskan, program penanggulangan bencana tingkat desa dan kelurahan memiliki dasar hukum antara lain :

 

a. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa.

b. Peraturan Menteri Desa Nomor 7 Tahun 2023 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa (BAB II) Rincian Prioritas Penggunaan Dana Desa.

c. Peraturan Bupati Mamuju Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Keuangan Desa Belanja Tak Terduga. 

 

Narasumber kedua, Arnidah, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sulbar. Judul Materi: Manajemen Penanganan Darurat dan Penyaluran Logistik Penanganan Bencana. Ia membahas aspek kritis dari manajemen darurat dan logistik saat terjadi bencana. Materi ini mencakup strategi efektif untuk distribusi bantuan, koordinasi antar lembaga, dan pengelolaan sumber daya dalam situasi darurat. Inti materi yang diberikan Arnidah kepada para peserta adalah jenis – jenis bantuan logistik yang diberikan kepada masyarakat tedampak yang disesuaikan dengan jenis bencana antara lain :

 

a. Paket Makanan Siap Saji

b. Kids Ware

c. Paket Sandang

d. Family Kit

e. Tenda Gulung

f. Selimut

g. Tikar

 

Di tempat terpisah, Plt. Kepala Pelaksana BPBD Sulbar, Muhammad Yasir Fattah mengatakan, Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana Angkatan ke V merupakan bagian dari program berkelanjutan dalam upaya pengurangan risiko bencana di tingkat desa dan kelurahan.

 

Yasir Fattah berharap, para peserta dapat mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di daerah masing-masing setelah mengikuti pelatihan itu, sehingga dapat meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap bencana.

 

“Dengan pelatihan seperti ini, diharapkan setiap daerah akan lebih siap menghadapi berbagai jenis bencana yang mungkin terjadi,” pungkas Yasir Fattah.

 

Penulis : BPBD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 237 times
(1 Vote)