08 Jun 2024

Dikunjungi BPTU-HPT Pelaihari Kalsel, UPTD BPHMT-IB Sulbar Siap Terima Bantuan Ternak Kambing PE dari Kementan RI

 

Mamuju—UPTD Balai Perbibitan dan Hijauan Makanan Ternak dan Inseminasi Buatan (BPHMT-IB) menerima kunjungan Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Pelaihari, Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis, 06 Juni 2024. Kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala UPTD BPHMT dan IB Nurdin beserta staf.

 

BPTU-HPT Pelaihari adalah Unit Pelaksana Teknis di bidang peternakan dan kesehatan hewan yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan dan secara teknis dibina oleh Direktur Perbibitan dan Direktur Pakan Ternak yang berlokasi di Kabupaten Tanah Laut, Kalsel.

 

Kunjungan yang dipimpin langsung oleh Kepala BPTU-HPT Pelaihari Kalsel, Jack Pujianto didampingi oleh drh. Widhi Yanungrah adalah dalam rangka melakukan verifikasi Calon Penerima Calon Lokasi (CPCL) sebagai tindak lanjut dari pemberian bantuan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) berupa 10 ekor ternak kambing Peranakan Ettawa (PE). 

 

CPCL dilakukan untuk memastikan kesiapan teknis UPTD BPHMT-IB yang berlokasi di Kalukku, Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) dalam menerima bantuan ternak, sehingga diharapkan bantuan yang diberikan akan memberikan hasil yang optimal dan dapat berkembang dengan baik.

 

Dalam kegiatan CPCL, Jack Pujianto meninjau langsung proses perbibitan ternak serta sarana prasana pendukung perbibitan ternak kambing seperti lahan hijauan pakan ternak, sarana pengolahan pakan serta perkandangan. 

 

Kepala UPTD BPHMT-IB, Nurdin, pada kesempatan itu menyatakan pihaknya siap menerima bantuan ternak kambing PE dari Kementan RI tersebut. 

 

“Insya Allah kami sudah siap, baik dari sisi sumber daya manusia maupun fasilitas pendukung untuk menerima bantuan ternak kambing ini. Fokus kami saat ini memang salah satunya adalah perbanyakan populasi indukan untuk percepatan pembangunan UPTD BPHMT-IB ke depan,” kata Nurdin.

 

Selain melakukan verifikasi CPCL, Kepala BPTU-HPT Pelaihari Kalsel, juga memberikan saran teknis terkait pengembangan ternak kambing dan hijauan pakan ternak dalam rangka pembangunan UPTD BPHMT-IB ke depan.

 

“Kami menilai bahwa UPTD BPHMT-IB Sulbar sudah sangat layak untuk menerima bantuan ternak ini, kami tidak ragukan itu. Bahkan dengan dukungan ketersediaan pakan seperti sekarang ini kami yakin ternak kambing di UPTD BPHMT-IB ini dapat berkembang dengan baik nantinya,” tutur Jack. 

 

Kepala BPTU-HPT Pelaihari Kalsel yang juga pernah memimpin BPTU-HPT Denpasar ini juga menuturkan, UPTD BPHMT-IB Sulbar harus mampu ambil bagian dalam pembangunan sektor peternakan di Sulbar. 

 

“Sulbar memiliki potensi yang besar untuk ternak kambing. Kami tahu karena sudah beberapa kali mengambil kambing dari sini (Sulbar red.) untuk disebarkan ke provinsi lain seperti ke Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah bahkan hingga ke Maluku,” ungkapnya.

 

“Sehingga dengan bantuan yang kami berikan, kami berharap dapat berdampak langsung kepada akselerasi pembangunan UPTD BPHMT-IB Sulbar ke depan hingga dapat memperbaiki kualitas genetik kambing yang ada di Sulbar,” lanjut Jack, saat sesi diskusi dalam kunjungan itu.

 

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas TPHP Sulbar, Syamsul Ma'rif berharap bantuan ternak kambing PE itu dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan UPTD BPHMT-IB Sulbar serta terus berlanjut kedepannya. 

 

"Kita sangat bersyukur dan berterima kasih atas pemberian bantuan ternak ini dan berharap kambing PE dapat berkembang dengan baik di UPTD BPHMT-IB, kemudian bibitnya dapat disalurkan kepada seluruh peternakan di Sulbar," kata Syamsul Ma'rif, saat dihubungi via telepon.

 

Penulis : Dinas TPHP Sulbar

Editor : humassulbar

Read 283 times
(1 Vote)