07 Jun 2024

Kepala Bapperida Junda Maulana Ajak Seluruh Pihak Lanjutkan Kolaborasi Turunkan Stunting di Sulbar

 

Makassar--Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Junda Maulana mengajak seluruh pihak melanjutkan kolaborasi bersama menurunkan stunting di Sulbar. 

 

Ini disampaikan dalam kegiatan Rembuk Stunting Provinsi Sulbar Tahun 2024 di Aula Pusat Pelatihan dan Pengembangan (Puslatbang) dan Kajian Manajemen Pemerintahan (KMP) Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makassar, Kamis (6/6/2024).

 

Junda Maulana selaku Wakil Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Sulbar menjelaskan, penurunan stunting di Sulbar cukup besar dan tercatat sebagai provinsi dengan penurunan stunting terbesar ke-tiga secara Nasional.

 

"Kita berhasil menurunkan stunting sebesar 4,7 persen dan tercatat sebagai provinsi ke-tiga dengan penurunan stunting terbesar. Tapi tugas kita masih banyak, karena angka stunting kita masih cukup besar. Untuk itu, kerja keras kita sebelumnya harus terus dilanjutkan dan tidak mudah berpuas diri," ucap Junda.

 

Dalam keterangannya, Kepala Bapperida Sulbar ini menyebut Rembuk Stunting Pemprov Sulbar ini pertama kali dilaksanakan demi membentuk komitmen antara semua unsur dalam mempercepat penurunan angka prevalensi stunting di Sulbar.

 

Sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, Rembuk Stunting ini sebagai wujud kerja pemerintah dalam pencegahan dan penurunan stunting di Sulbar. Tujuannya, mensinergikan intervensi pencegahan dan penurunan stunting, menetapkan rencana aksi percepatan penurunan stunting, menetapkan target penurunan stunting di Sulbar. Itu juga sebagai tindak lanjut arahan Pj Gubernur Bahtiar

 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh unsur Forkopimda Sulbar, Kepala Daerah Kabupaten se-Sulbar, Kepala OPD Provinsi dan Kabupaten terkait percepatan penurunan stunting, dan TPPS Provinsi dan Kabupaten se-Sulbar.

 

Pada kesempatan ini, hadir Sekretaris Daerah Provinsi Sulbar Muhammad Idris membuka acara sekaligus memberikan arahan untuk meningkatkan sinergitas antara Pemprov dan Pemkab di Sulbar.

 

"Kita semua harus berperan aktif untuk mempercepat penurunan stunting baru di Sulbar, kita harus berkomitmen sesuai dengan poin komitmen bersama yang telah ditandatangani," ajak Idris.

 

Berlangsung hingga Jumat (7/6/2024), kegiatan ditutup dengan kesepakatan terhadap 4 (empat) poin, yaitu :

1. Target prevalensi stunting 2025 sebesar 26,2%.

2. Peningkatan dukungan anggaran dan kualitas intervensi layanan bagi setiap sasaran prioritas stunting sesuai dengan kewenangan.

3. Peningkatan kinerja kelembagaan TPPS dan peran multi sektor melalui efektivitas koordinasi dan kinerja setiap bidang.

4. Pengembangan praktik baik dan inovasi dalam upaya percepatan penurunan stunting.

 

Penulis : Bapperida Sulbar

Editor : humassulbar

Read 155 times
(0 votes)