07 Jun 2024

Dinas TPHP Sulbar Laksanakan Pembinaan Penerapan Jaminan dan Keamanan Mutu Hasil Pertanian Organik di Tubo Selatan

 

Majene--Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), dalam hal ini Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Pengawas Mutu Hasil Pertanian Titiek Anas, melaksanakan pembinaan penerapan jaminan dan keamanan mutu hasil pertanian organik di Kabupaten Majene, Selasa, 04 Juni 2024.

 

Pembinaan dilaksanakan pada Kelompok Tani (Poktan) Tanete Akar Bunga di Desa Tubo Selatan, Kecamatan Tubo Sendana. Pada kesempatan itu, Titiek Anas didampingi oleh penyuluh desa setempat.

 

Poktan tersebut menerapkan pertanian organik sejak tahun 2017 dan memiliki luas lahan organik yang sekitar 3.91 Ha dengan estimasi produksi 20.780 ton/tahun. Beras organik tersebut dipasarkan di wilayah Mamuju dan Pare-pare. 

 

Manfaat pertanian organik yang telah dirasakan oleh poktan diantaranya, yaitu memperbaiki struktur tanah hingga nasi yang tidak cepat basi. Poktan berharap pemerintah akan tetap mendukung pertanian organik baik melalui program sertifikasi organik maupun penyediaan sarana dan prasarananya. 

 

Dalam kegiatan itu, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Pengawas Mutu Hasil Pertanian Dinas TPHP Sulbar Titiek Anas, mengarahkan poktan untuk melakukan pendaftaran sertifikasi organik secara mandiri untuk dapat mengklaim organik pada kemasan berasnya. 

 

“Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 64 Tahun 2013 bahwa seluruh produk organik yang beredar di wilayah Indonesia baik produksi dalam negeri maupun pemasukan (impor) harus mencantumkan logo organik Indonesia,” kata Titiek Anas.

 

Dia menekankan, hanya pelaku usaha organik yang sudah disertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Organik yang berhak mencantumkan logo organik Indonesia.

 

Secara terpisah, Kepala Dinas TPHP Sulbar, Syamsul Ma’rif mengatakan, pertanian organik sangat bagus karena tidak menggunakan bahan kimia sehingga dapat mengurangi polusi serta meningkatkan kualitas tanah dan air.

 

“Tanaman organik sangat bermanfaat karena menghasilkan produk yang sehat, ramah lingkungan, serta meningkatkan kualitas lahan,” kata Syamsul Ma’rif, saat dikonfirmasi, Rabu, 05 Juni 2024.

 

Penulis : Dinas TPHP Sulbar

Editor : humassulbar

Read 169 times
(0 votes)