06 Jun 2024

Tingkatkan Produktivitas Padi di Sulbar, Dinas TPHP Monitoring Ketersediaan Benih dan Display Delapan Varietas Padi Unggul di Majene

 

Majene--Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melalui Bidang Tanaman Pangan melakukan monitoring ketersediaan benih sekaligus meninjau lokasi kegiatan Display Varietas di Kabupaten Majene, Sulbar, Selasa, 04 Juni 2024.

 

Monitoring ketersediaan benih dilakukan pada Kelompok Tani Penangkar Benih di Desa Onang Utara, Kecamatan Tubo Sendana. Saat ini, tersedia benih padi biofortifikasi sebanyak 2.000 kg kelas BR yang diperuntukkan pada wilayah Kabupaten Majene. 

 

Pemberdayaan penangkar bertujuan agar penyediaan benih dapat dilakukan secara in situ, sehingga permasalahan ketersediaan benih yang terjadi khususnya kebutuhan benih untuk program peningkatan produktivitas padi dapat teratasi. 

 

Sedangkan, kegiatan Display Varietas yang ditinjau di Kabupaten Majene berlokasi di Desa Tubo Selatan, Kecamatan Tubo Sendana.

 

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas TPHP Sulbar, Titiek Anas mengatakan, kegiatan Display Varietas merupakan salah upaya untuk memperkenalkan penggunaan benih padi unggul dan bersertifikat. 

 

“Melalui kegiatan ini, diharapkan petani pengguna benih akan memperoleh gambaran tentang keunggulan dari varietas padi yang ditampilkan dengan melihat langsung keragaan pertumbuhan padi tersebut,” tuturnya.

 

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas TPHP Sulbar, Syamsul Ma’rif menyampaikan, di lokasi kegiatan Display Varietas terdapat delapan varietas, yaitu Inpari 48, Inpari 32, Inpari 33, Inpari IR Nutrizinc, Padjajaran Agritan, Cakrabuana Agritan, Mekongga dan Hibrida Intani 602 yang sementara dalam proses penyemaian benih untuk lahan seluas 1 ha.

 

“Kegiatan itu bertujuan mensosialisasikan penggunaan benih padi unggul dan bersertifikat kepada masyarakat, mengetahui sifat dan karakteristik benih, seperti benih toleran kekeringan dan panyakit, mengetahui varietas padi yang paling cocok dibudidayakan di lokasi/ daerah kegiatan Display Varietas dan menumbuhkan produksi benih padi,” kata Syamsul Ma’rif, saat dikonfirmasi di Kantor Dinas TPHP Sulbar, Rabu, 05 Juni 2024.

 

Penulis : Dinas TPHP Sulbar

Editor : humassulbar

Read 150 times
(0 votes)