31 Mei 2024

Dinas Perkebunan Sulbar Siap Dukung Penuh Delapan Program Prioritas Pj. Gubernur Bahtiar

 

Mejene--Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Herdin Ismail bersama para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemprov Sulbar mendampingi Pj. Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin dan Sekprov Sulbar Muhammad Idris dalam Kunjungan Kerja (Kunker) di seluruh kabupaten di Sulbar.

 

Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mendukung pengembangan daerah yang menjadi salah satu pilar ekonomi penting bagi Sulbar.

 

Pada Kamis 30 Mei 2024, Pj. Gubernur Sulbar bersama rombongan sambangi Polewali Mandar dan Majene, setelah sebelumnya kunjungi Mamasa Rabu 29 Mei 2024 serta Pasangkayu dan Mamuju Tengah pada Selasa 28 Mei 2024.

 

Kadis Perkebunan Sulbar, Herdin Ismail menegaskan pentingnya sinergi antara pemerintah provinsi, stakeholder terkait, dan masyarakat dalam merealisasikan agenda-agenda strategis pembangunan.

 

"Kami siap mendukung penuh delapan program prioritas yang telah ditetapkan oleh Pj. Gubernur Sulbar guna mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan bagi seluruh lapisan masyarakat Sulbar," ujarnya dengan tegas, saat ditemui di sela-sela Kunker di Majene. 

 

Selain itu, juga menegaskan pentingnya diversifikasi tanaman sebagai upaya menguatkan kedaulatan dan ketahanan pangan yang mendorong peningkatan ekonomi lokal. 

 

"Salah satu tanaman yang kami prioritaskan adalah sukun. Tanaman ini merupakan tanaman endemik di Sulbar. Tanaman ini memiliki potensi besar dalam memberikan kontribusi terhadap ketahanan pangan, kesejahteraan petani, serta pemanfaatan lahan yang optimal," ungkapnya. 

 

Dalam konteks pengembangan tanaman sukun, Kadis Perkebunan Sulbar berharap sinergi antara pemerintah, petani, dan pelaku usaha, pengembangan tanaman sukun di Sulbar dapat menjadi salah satu motor penggerak ekonomi lokal yang tangguh.

 

Pengembangan tanaman sukun dinilai memiliki potensi besar untuk meningkatkan pendapatan petani, mengurangi tingkat kemiskinan, meningkatkan ketahanan pangan di Sulbar serta promosi pasar yang intensif guna memperluas pangsa pasar sukun di tingkat global. Dengan dukungan penuh dari Dinas Perkebunan dan berbagai pihak terkait, diharapkan pengembangan ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat Sulbar.

 

Dengan potensi ekonomi yang besar dan dukungan yang kuat dari pemerintah dan pelaku industri, tanaman sukun Indonesia diprediksi akan menjadi salah satu komoditas andalan dalam mengisi pasar global yang semakin berorientasi pada kesehatan dan keberlanjutan lingkungan.

 

Penulis : Disbun Sulbar

Editor : humassulbar

Read 162 times
(0 votes)