31 Mei 2024

Hari Keempat Pelatihan Peningkatan Kapasitas Petugas Penanggulangan Bencana, Penyampaian Materi TRC Penanggulangan Bencana Multi Sektor

 

Mamuju--Pelatihan Peningkatan Kapasitas Petugas Penanggulangan Bencana oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Barat tengah berlangsung. Pada hari keempat pelaksanaan kegiatan ini, Kamis 30 Mei 2024, memasuki agenda Penyampaian Materi dengan judul "Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanggulangan Bencana Multi Sektor. 

 

Materi dalam pelatihan ini disampaikan oleh Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia (BNPB RI), Syech Abdul Qodir. Dengan menghadirkan pembicara yang berkompeten dalam bidangnya, diharapkan peserta pelatihan dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai strategi dan teknik penanganan bencana multi sektor.

 

Seperti diketahui, pelatihan ini merupakan bagian dari upaya BPBD Sulbar untuk mendorong peningkatan kompetensi dan keterampilan petugas penanggulangan bencana di wilayah Sulbar. 

 

Syech Abdul Qodir sebagai narasumber memberikan materi yang berfokus pada pentingnya kesiapan dan respons cepat dalam menghadapi bencana serta kerja sama lintas sektor yang diperlukan dalam penanganan situasi darurat. 

 

“TRC menjadi salah satu konsep dalam penanggulangan bencana yang menekankan sinergi antarinstansi untuk merespons secara efektif terhadap berbagai jenis bencana,” kata Syech Abdul Qodir, dalam paparannya.

 

Kepala Bidang Darurat dan Logistik BPBD Sulbar, Arnidah menyampaikan, peserta pelatihan diharapkan dapat mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama dalam pelatihan tersebut, dalam upaya meningkatkan kesiapan dan respons terhadap bencana di masyarakat. 

 

“Kerja sama antara BNPB RI, BPBD Sulbar, dan para peserta pelatihan diharapkan dapat memperkuat kapasitas penanggulangan bencana di tingkat daerah,”kata Arnidah.

 

Di tempat terpisah, Plt. Kalaksa BPBD Sulbar Muhammad Yasir Fattah menegaskan pentingnya pelatihan dan pembinaan terhadap petugas penanggulangan bencana sebagai upaya untuk meningkatkan kesiapan dan responsibilitas dalam menghadapi situasi darurat akibat bencana alam. Menurutnya, pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh petugas penanggulangan bencana akan menjadi kunci keberhasilan dalam manajemen bencana yang efektif.

 

Yasir Fattah menyampaikan apresiasi atas kerja sama antar pihak terkait yang telah mendukung program peningkatan kapasitas petugas penanggulangan bencana di BPBD Sulbar. Ia berharap, para petugas yang telah mengikuti pelatihan dapat memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh untuk melayani dan melindungi masyarakat dari potensi bencana yang bisa terjadi di wilayah Sulbar.

 

“Dengan terus meningkatkan kapasitas petugas penanggulangan bencana, BPBD Sulbar berkomitmen untuk senantiasa siap dan tanggap dalam menghadapi berbagai jenis bencana yang dapat mengancam keselamatan dan keamanan masyarakat,” pungkas Yasir Fattah.

 

Penulis : BPBD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 200 times
(0 votes)