30 Mei 2024

Tingkatkan Kapasitas Petugas Penanggulangan Bencana, BPBD Sulbar Laksanakan Pelatihan Lapangan

 

Mamuju—Memasuki hari ketiga pelaksanaan kegiatan Peningkatan Kapasitas Petugas Penanggulangan Bencana Tahun Anggaran 2024, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan Pelatihan Lapangan, Rabu 29 Mei 2024.

 

Peserta pelatihan dilibatkan dalam kegiatan lapangan yang dipimpin oleh Kabid Damkar Dinas Pemadam Kebakaran Mamuju Randi, di Halaman Hotel Maleo Mamuju. Selama sesi pelatihan, peserta diberikan pembekalan mengenai teknik-teknik pemadaman kebakaran yang efektif dan efisien, serta tata cara penanggulangan bencana secara umum.

 

Kepala Bidang Darurat dan Logistik BPBD Sulbar, Arnidah menyampaikan, kegiatan itu bertujuan untuk memperkuat keterampilan dan pengetahuan dalam cara melakukan pemadaman kebakaran di lapangan.

 

Arnidah menegaskan, pentingnya pelatihan tersebut sebagai langkah preventif dalam menghadapi potensi bencana kebakaran yang dapat terjadi di wilayah Sulbar. 

 

“Dengan peningkatan kapasitas petugas penanggulangan bencana, diharapkan respons terhadap kejadian darurat dapat dilakukan dengan lebih cepat dan tepat,” kata Arnidah.

 

Arnidah berharap, peserta akan lebih siap dan mampu menghadapi tantangan pemadam kebakaran dengan lebih baik setelah mengikuti pelatihan tersebut.

 

Di tempat terpisah, Plt. Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Sulbar, Muhammad Yasir Fattah mengatakan, pelatihan itu juga menjadi wadah bagi para peserta untuk saling bertukar pengalaman dan pengetahuan dalam upaya memperkuat kesiapan dalam menghadapi situasi darurat. 

 

“Dengan adanya kerja sama antara BPBD Sulbar, Dinas Pemadam Kebakaran, dan partisipasi aktif dari peserta pelatihan, diharapkan kapasitas dan keterampilan penanggulangan bencana di wilayah Sulbar dapat terus ditingkatkan,” pungkas Yasir Fattah.

 

Penulis : BPBD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 89 times
(0 votes)