29 Mei 2024

BPBD Sulbar dan Stasiun Meteorologi Kelas II Tampa Padang Mamuju Akan Perkuat Kerja Sama Bidang Pelayanan Informasi Cuaca dan Peringatan Dini

 

Mamuju--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Barat (Sulbar) mendapat kunjungan dari Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Tampa Padang Mamuju Devi Ardiyansyah, Selasa 28 Mei 2024. 

 

Kedatangan Devi Ardiyansyah yang didampingi dua stafnya, Noor Vietria Santi dan Satriana Rogma, disambut langsung Plt. Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Sulbar, Muhammad Yasir Fattah. Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama dalam bidang pelayanan informasi cuaca dan peringatan dini berbasis dampak untuk penanggulangan bencana di wilayah Sulbar.

 

Pertemuan berlangsung di Ruang Kerja Plt. Kalaksa BPBD Sulbar. Turut hadir, Kalaksa BPBD Pasangkayu, Inyoman Suandi, Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Sulbar Husain Mansyur, serta Penata Penanggulangan Bencana Ahli Muda Inaldy L. S. Silang dan Penelaah Teknis Kebijakan Rendra Arifin BPBD Sulbar.

 

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Tampa Padang Mamuju, Devi Ardiyansyah, dalam kesempatan itu menyampaikan niatnya untuk membuat dan menandatangani Nota Kesepahaman antara Stasiun Meteorologi Kelas II Tampa Padang Mamuju dengan BPBD Sulbar. 

 

“Nota Kesepahaman ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi dalam hal pelayanan informasi cuaca dan peringatan dini yang berbasis dampak, untuk upaya penanggulangan bencana di wilayah ini,” kata Devi.

 

Adapun ruang lingkup dari Nota Kesepahaman tersebut meliputi :

1. Pelayanan dan pemanfaatan informasi cuaca dan peringatan dini.

2. Sarana komunikasi penyebaran informasi cuaca dan peringatan dini.

3. Analisis hazard/bahaya bencana akibat cuaca ekstrem.

4. Upaya kesiapsiagaan penanggulangan bencana akibat cuaca.

 

Plt. Kalaksa BPBD Sulbar, Muhammad Yasir Fattah menyambut baik inisiatif kerja sama dari pihak Stasiun Meteorologi. Ia menegaskan, informasi cuaca yang akurat dan peringatan dini yang tepat sangat penting dalam upaya penanggulangan bencana, terutama di wilayah Sulbar yang rentan terhadap bencana alam.

 

Yasir Fattah juga menegaskan, kerja sama yang erat antara BPBD Sulbar dengan Stasiun Meteorologi akan membantu meningkatkan kualitas layanan informasi cuaca dan peringatan dini kepada masyarakat. 

 

“Hal ini diharapkan dapat mempercepat respons dan tindakan mitigasi dalam menghadapi potensi bencana yang dapat terjadi di wilayah ini,” kata Yasir Fattah.

 

Dia menyampaikan apresiasi atas langkah-langkah konkret yang dilakukan oleh pihak Stasiun Meteorologi dalam memperkuat kerja sama ini, dan berharap kolaborasi itu akan memberikan manfaat yang nyata bagi keselamatan dan kesejahteraan masyarakat Sulbar.

 

Dengan adanya sinergi dan koordinasi yang baik antara BPBD dan Stasiun Meteorologi, diharapkan upaya dalam pelayanan informasi cuaca dan peringatan dini berbasis dampak, untuk penanggulangan bencana di wilayah Sulbar dapat berjalan efektif dan efisien.

 

Penulis : BPBD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 164 times
(0 votes)