29 Mei 2024

Disbun Sulbar Turut Hadir dalam Rakor dan Bimtek Pembinaan Inovasi

 

Mamuju--Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) diwakili Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) Azhary Bahar, turut hadir dalam Rapat Koordinasi (Rakor) dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembinaan Inovasi di Sulbar, yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Sulbar, Selasa 28 Mei 2024. 

 

Rakor dan Bimtek Pembinaan Inovasi ini diselenggarakan secara hibryd melalui daring platform zoom meeting dan luring di Grand Maleo Hotel & Convention Mamuju. Kegiatan ini dibuka secara daring oleh Sekprov Sulbar, Muhammad Idris.

 

Hadir secara daring, Kepala Pusat Strategi Kebijakan Pengembangan SDM Teknologi Informasi dan Inovasi Pemerintahan Dalam Negeri Aferi S. Fudall, dan dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Anita.

 

Rakor dan Bimtek Pembinaan Inovasi bertujuan untuk mempercepat inovasi di Sulbar dengan fokus pada peningkatan Indeks Inovasi Global Indonesia. Inovasi di sektor perkebunan memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan daya saing dan produktivitas sektor pertanian secara keseluruhan.

 

Di tempat terpisah, Kadisbun Sulbar, Herdin Ismail mengatakan, Rakor dan Bimtek Pembinaan Inovasi tersebut merupakan salah satu langkah dalam percepatan inovasi untuk mendorong perbaikan Indeks Inovasi Global Indonesia.

 

“Kami percaya bahwa inovasi merupakan salah satu kunci utama dalam meningkatkan daya saing dan produktivitas sektor perkebunan. Oleh karena itu, kami siap untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak, baik pemerintah, swasta, maupun akademisi, dalam menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pengembangan inovasi di Sulbar,” kata Herdin.

 

Herdin juga mengatakan, melalui kegiatan itu, pihaknya berharap dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai tantangan dan peluang dalam pengembangan inovasi di sektor perkebunan. 

 

“Kami juga berkomitmen untuk mengimplementasikan hasil-hasil diskusi dan rekomendasi yang dihasilkan dalam rapat itu, guna meningkatkan kinerja dan kontribusi sektor perkebunan Sulbar secara keseluruhan,” ucapnya.

 

Sebelumnya, pada Pembukaan Rakor dan Bimtek Pembinaan Inovasi, Sekprov Sulbar, Muhammad Idris dalam sambutannya menekankan beberapa hal, diantaranya segala kegiatan dalam pemerintahan dikelola secara terintegrasi melalui inovasi daerah. Dan pentingnya kolaborasi antar berbagai sektor dalam mendorong inovasi.

 

Pada kesempatan itu, Sekprov Sulbar juga menyoroti upaya-upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah dalam menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pengembangan inovasi di Sulbar.

 

Penulis : Disbun Sulbar

Editor : humassulbar

Read 239 times
(0 votes)