26 Mei 2024

Ikuti Webinar ASN Kreatif Seri ke 50, Kepala Bidang BMD Tekankan Butuh Sinergi Semua Stakeholder Benahi Pengelolaan Aset

 

Mamuju-- Kepala Bidang Barang Milik Daerah (BMD) Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Sulawesi Barat (Sulbar) Andi Muhammad Bisyri Nur, mengikuti Webinar ASN Kreatif Seri ke 50, Rabu 22 Mei 2024.

 

Webinar ini diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulbar, bertujuan adanya peningkatan SDM khususnya pada pengelolaan BMD. 

 

Kegiatan ini diselenggarakan setiap pekan. Kali ini mengusung tema “Peningkatan Pengelolaan Barang Milik Daerah Melalui Capaian Kinerja”. Pemprov Sulbar, diharapkan dapat memacu percepatan dan peningkatan pembangunan Sulbar.

 

Kasubid Wilayah I Direktorat BUMD, BLUD, dan BMD Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri RI Amanah, selaku pemateri dalam kegiatan ini. Dalam paparannya, Ia menyampaikan, pengelolaan BMD dapat dikatakan bagus jika memenuhi indikator – indikator yang telah ditetapkan sebagaimana tercantum dalam Permendagri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah.

 

Sementara itu, Kepala BPSDM Sulbar, Farid Wajdi, dalam Opening Speechnya menekankan bahwa kesuksesan tugas-tugas yang dilaksanakan oleh Perangkat Daerah erat kaitannya dengan pengelolaan BMD secara baik dan benar.

 

“Untuk itu, diharapkan kepada semua elemen pegawai untuk dapat memahami pengelolaan BMD,” kata Farid Wajdi.

 

Kepala Bidang BMD BPKPD Sulbar, Andi Muhammad Bisyri Nur, mewakili Kepala BPKPD Sulbar Masriadi Nadi Atjo memberikan closing statement, bahwa pengelolaan aset memiliki sejumlah persoalan yang hampir sama se-Indonesia, mulai dari perencanaan, penggunaan sampai dengan pembinaan, pengawasan dan pengendalian. 

 

“Olehnya itu, dibutuhkan sinergi semua stakeholder untuk membenahi pengelolaan aset ini sehingga dapat memberikan manfaat bagi kemajuan daerah," ujarnya.

 

Webinar ASN Kreatif Seri ke 50 ini dipandu oleh Jumail, selaku moderator dan peserta webinar ini tidak hanya dihadiri oleh Pegawai Lingkup Pemprov Sulbar melainkan dari sejumlah pemda lainnya, seperti Aceh, Bangkalan, Mamuju, Kalimantan Timur, Majene dan Polewali Mandar.

 

Penulis : BPKPD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 177 times
(0 votes)