25 Mei 2024

BPBD Sulbar Bersama BNPB RI Tinjau Titik Longsor di Mamasa

 

Mamasa--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), dalam hal ini Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Husain Mansyur dan Kepala Bidang Darurat dan Logistik, Arnida, mendampingi Kepala Bidang Penanganan Tanggap Darurat Operasional (PTDO) Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia (BNPB RI), Riswandi, melakukan peninjauan di beberapa titik longsor di Jalan Nasional di Kabupaten Mamasa, Sulbar, Jumat 24 Mei 2024.

 

Peninjauan itu dalam rangka evaluasi kondisi pasca bencana longsor yang melanda Kabupaten Mamasa. Bencana longsor di beberapa titik Jalan Nasional di kabupaten tersebut terjadi pada tanggal 21 hingga 22 Mei 2024 lalu.

 

Kepala Bidang PTDO Pusdalops BNPB RI, Riswandi hadir bersama dua stafnya yaitu Fikri Budiman dan Muhamad Kosasih. Pendampingan yang dilakukan oleh BPBD Sulbar tersebut atas arahan Plt. Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Sulbar Muhammad Yasir Fattah.

 

Peninjauan oleh Tim yang terdiri dari Husain Mansyur, Arnida, Inaldy ls Silang dan Tim TRC BPBD Sulbar bersama Riswandi, serta staf dari BNPB RI tersebut, bertujuan untuk melihat secara langsung kerusakan yang terjadi, mengevaluasi kebutuhan mendesak, serta merencanakan langkah-langkah pemulihan dan rekonstruksi yang perlu dilakukan.

 

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Sulbar, Husain Mansyur menyampaikan, dalam peninjauan tersebut tim juga berkoordinasi dengan pihak terkait, termasuk BPBD Mamasa dan instansi lainnya, guna memastikan langkah-langkah penanganan bencana berjalan dengan baik dan efisien. 

 

“Langkah-langkah rehabilitasi dan rekonstruksi akan menjadi fokus utama dalam upaya pemulihan daerah yang terdampak oleh bencana longsor,” kata Husain Mansyur.

 

Husain Mansyur menyatakan, kehadiran Tim dari BNPB RI dalam peninjauan tersebut merupakan wujud komitmen dan keseriusan dalam memberikan dukungan serta bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak bencana alam.

 

“Semoga langkah-langkah yang diambil dapat membantu memulihkan kondisi dan membantu masyarakat Mamasa untuk segera bangkit dari bencana yang mereka alami,” harapnya.

 

Penulis : BPBD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 186 times
(0 votes)