23 Mei 2024

Ikuti Pembinaan Inovasi Daerah, Bapperida Sulbar Diharap Peroleh Wawasan dan Pengetahuan Baru untuk Tingkatkan IID

 

Makassar--Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melalui Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Riset dan Inovasi Daerah (Rida) Muh. Saleh bersama staf teknis mengikuti kegiatan Pembinaan Inovasi Daerah secara Lintas Kementerian/Lembaga, yang diselenggarakan oleh Badan Strategis Kebijakan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia di Unhas Hotel Makassar pada Selasa (21/5/2024).

 

Plt. Kepala Bidang Rida Bapperida Sulbar Muh. Saleh menjelaskan, kegiatan itu diikuti oleh perwakilan dari provinsi dan kabupaten se-Sulawesi, termasuk Sulbar yang masih memiliki nilai indeks yang kurang inovatif.

 

“Dalam kegiatan ini, para peserta mendapatkan materi tentang berbagai hal terkait inovasi daerah, seperti penguatan dan pengembangan inovasi, dukungan perguruan tinggi dalam penciptaan, pembudayaan dan keberlanjutan inovasi, dan percepatan penerapan SPBE melalui inovasi, serta pembahasan teknis terkait upaya yang perlu dilakukan dalam meningkatkan Indeks Inovasi Daerah (IID),” terang Muh. Saleh.

 

Muh. Saleh berharap, melalui kegiatan itu Bapperida Sulbar dapat memperoleh wawasan dan pengetahuan baru untuk meningkatkan IID dan mewujudkan Sulbar sebagai daerah yang inovatif dan berdaya saing. 

 

“Hal ini segera akan kami tindaklanjuti dan dalam waktu dekat kami akan malakukan kegiatan pertemuan peningkatan inovasi sekaligus bimbingan teknis pembinaan teknis inovasi bagi perangkat daerah provinsi dan kabupaten di Sulbar,” ucapnya.

 

Kegiatan pembinaan tersebut dihadiri Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri Yusharto Huntoyungo. Kegiatan itu juga menghadirkan beberapa narasumber dari berbagai kementerian/lembaga, seperti Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri, Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia, dan Direktorat Inovasi dan Kekayaan Intelektual Universitas Hasanuddin.

 

Ditemui di tempat terpisah, Kepala Bapperida Sulbar Junda Maulana, mengatakan kegiatan Pembinaan Inovasi Daerah itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas daerah dalam penyelenggaraan inovasi daerah, serta mendorong sinergi dan kolaborasi antar pemangku kepentingan dalam ekosistem inovasi daerah. 

 

“Untuk itu, kami menunjuk Plt. Kepala Bidang Rida untuk dapat hadir di Makassar,” kata Junda Maulana, dalam keterangannya, Rabu (22/5/2024).

 

Penulis : Bapperida Sulbar

Editor : humassulbar

Read 109 times
(0 votes)