23 Mei 2024

Respon Cepat Bencana Longsor di Desa Suluassing, BPBD Sulbar Koordinasi dengan Pemkab Mamasa

 

Mamuju--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamasa terkait bencana longsor yang terjadi di Desa Suluassing, Kabupaten Mamasa, Sulbar. Informasi terakhir yang diperoleh menyatakan bahwa tidak ada korban jiwa akibat bencana tersebut.

 

Longsor di Desa Suluassing terjadi pada Senin 20 Mei 2024. Atas kejadian itu, BPBD Sulbar dan Pemkab Mamasa memberikan perhatian serius untuk menjalankan langkah-langkah penanggulangan dan pemulihan di lokasi terdampak. Kerja sama antara kedua instansi tersebut diharapkan mampu memberikan bantuan dan dukungan yang efektif bagi warga yang terdampak bencana.

 

Plt. Kepala Pelaksana BPBD Sulbar, Muhammad Yasir Fattah menekankan, koordinasi yang dilakukan Tim Pusdalops BPBD Sulbar dengan Pemkab Mamasa menjadi kunci utama dalam memastikan respon yang tepat dan efisien dalam penanggulangan bencana itu.

 

“Diharapkan situasi di Desa Suluassing dapat segera pulih dan normal kembali,” kata Yasir Fattah, Rabu 22 Mei 2024.

 

Yasir Fattah menyampaikan, menurut informasi yang diterima langkah-langkah yang dilakukan BPBD Mamasa meliputi upaya evakuasi dan pemindahan warga terdampak ke tempat yang aman, distribusi bantuan logistik seperti makanan, air bersih, dan perlengkapan lainnya, serta penanganan medis bagi yang membutuhkan. 

 

“Selain itu, perbaikan infrastruktur yang rusak juga menjadi prioritas dalam upaya pemulihan di lokasi terdampak,” ungkapnya.

 

BPBD Sulbar bersama dengan Pemkab Mamasa akan terus melakukan monitoring dan evaluasi untuk memastikan kesejahteraan dan keamanan warga di wilayah terdampak.

 

Kerja sama antara BPBD Sulbar dan Pemkab Mamasa sangat penting dalam memastikan efektivitas dan efisiensi dalam penanggulangan bencana ini. Dengan adanya sinergi antara kedua instansi tersebut, diharapkan proses pemulihan dapat berjalan lancar dan membantu warga terdampak untuk segera pulih dan kembali normal.

 

Penulis : BPBD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 152 times
(0 votes)