22 Mei 2024

Seleksi Paskibraka 2024, Sulbar Utus 4 Siswa-siswi Ikuti Seleksi Nasional

 

Mamuju - Proses seleksi Paskibraka tahun 2024 yang ditangani Kesbangpol memasuki tahapan terakhir untuk memilih empat perwakilan ke nasional.

 

Empat perwakilan Sulbar ini akan kembali mengikuti proses seleksi ditingkat nasional bersama dengan perwakilan provinsi se-Indonesia.

 

Adapun, perwakilan Sulbar diantaranya Aditya Bagaskara (Polman), Marven Caesareo (Mamasa), Aprilia Arsi Maharani (Majene), dan Mutiara Wasilah (Mamuju).

 

Plt Kepala Kesbangpol Sulbar Muhammad Yusuf Tahir mengatakan proses seleksi paskibraka ini dimulai dari tingkat kabupaten. Kemudian hasilnya dikirim tingkat provinsi.

 

"Jadi ditingkat provinsi kita menyeleksi yang akan mewakili Sulbar pada tingkat nasional dan menyeleksi paskibraka yang bertugas pada tingkat provinsi," kata Muhammad Yusuf, saat ditemui di Wisma Malaqbi, Rabu 22 Mei 2024.

 

Ia menegaskan bahwa proses seleksi ini cukup ketat dengan mengikuti regulasi yang diputuskan pemerintah pusat.

 

"Empat orang kita utus ke pusat yang akan mengikuti seleksi nasional. Jadi kita betul-betul menyeleksi kualitas yang paling terbaik. Kemudian tingkat provinsi kita pilih 73 orang dan selebih akan kembali bertugas di kabupaten," ungkapnya.

 

Sementara itu, ia berharap siswa-siswi yang mengikuti proses seleksi betul-betul melahirkan kader terbaik.

 

"Kami berharap semua yang ikut ini menjaga kesehatan dan mengikuti arahan pelatih maupun tim seleksi. Kita berharap juga kedepan adik-adik yang ingin ikuti seleksi agar mempersiapkan sejak dini dan memenuhi semua persyaratannya," ujarnya.

 

Sedangkan, Analis Kebijakan Ahli Madya BPIP Pusat Muhani mengungkapkan sistem seleksi ini secara terbuka, masing-masing daerah tingkat kabupaten dan provinsi mengusulkan calon paskibraka sesua proses seleksi.

 

"Ini sudah tertuang dalam Perpres tentang Paskibraka. Jadi semua tertuang didalam mulai aspek penilaian tes psikologi, baris berbaris hingga kepribadian. Juknis yang tertuang inilah diikuti," ucapnya.

 

Selain itu, empat orang yang diutus ke nasional akan diseleksi lagi dengan memilih dua orang untuk bertugas di 17 Agustus 2024 di Istana Negara.

 

"Jadi akan dipilih lagi satu putra dan satu putri dimana akan bertugas menjadi Paskibraka nasional dan nanti bertugas di 1 Juni 2025, baru mereka purna Paskibraka serta menjadi duta Pancasila," tandasnya.(rls)

Read 978 times
(0 votes)