21 Mei 2024

Hadiri Penanaman Pohon Sukun, Kepala Dinas TPHP Sulbar : Cocok Dikembangkan ke Arah Lebih Luas dan Bermanfaat Bagi Masyarakat

 

Mamuju—Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Sulawesi Barat (Sulbar) Syamsul Ma’rif turut hadir dan melakukan Penanaman Pohon Sukun di Kompleks Lanal Mamuju, Senin Sore, (20 Mei 2024).

 

Penanaman Pohon Sukun ini merupakan salah satu program Pj. Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin.

 

Kegiatan ini dihadiri Pj. Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin, Sekprov Sulbar Muhammad Idris, Forkopimda, pimpinan instansi vertikal, pimpinan OPD lingkup Pemprov Sulbar dan undangan lainnya.

 

Kepala Dinas TPHP Sulbar, Syamsul Ma'rif mengatakan, Sukun atau buah roti disebut juga buah masa depan, karena sangat potensial sebagai bahan pangan fungsional dan multi manfaat dibuat berbagai macam produk olahan setengah jadi, hingga aneka makanan kuliner nusantara siap santap, serta multi khasiat obat untuk kesehatan.

 

“Keanekaragaman hayati tanaman sukun yang dimiliki oleh Indonesia cocok untuk dikembangkan ke arah yang lebih luas dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Syamsul Ma'rif.

 

Syamsul Ma'rif berharap, tanaman-tanaman sukun tersebut akan menjadi kebanggaan masyarakat Sulbar dalam rangka ketahanan pangan, penganekaragaman pangan, penghijauan dan konservasi lahan, penyedia tanaman berkhasiat obat serta mendongkrak prospek ekonomi sosial sukun yang lebih baik.

 

Sementara, dalam keterangannya, Pj. Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin mengatakan, penanaman sukun dilakukan sebagai simbol sinergi untuk kehidupan, perlindungan dan momen kebangkitan bagi Sulbar untuk lebih melestarikan lagi alamnya yang indah ini.

 

Adapun alasan Pj. Gubernur Sulbar memilih tanaman Sukun, diantaranya Sukun merupakan tanaman endemik Sulbar, tanaman yang punya tingkat survive yang tinggi, punya kemampuan untuk mengikat tanah dan batu, bukan hanya menghijaukan tapi juga punya nilai ekonomis karena buahnya yang banyak sekira 100-400 buah per pohon.

 

Sebelumnya, di hari yang sama Pj. Gubernur Sulbar, Sekprov Sulbar bersama Forkopimda Sulbar dan OPD lingkup Pemprov Sulbar juga melakukan penanaman pohon Sukun di Area Pekarangan Masjid Baitul Anwar, Kompleks Kantor Gubernur Sulbar.

 

Penulis : Dinas TPHP Sulbar

Editor : humassulbar

Read 133 times
(0 votes)