18 Mei 2024

Sambangi SMKN 1 Rangas, Dinas Ketapang Sulbar Luncurkan B2SA Goes to School.

 

MAMUJU, --Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Barat meluncurkan B2SA Goes to School (BGtS), yaitu sosialisasi dan pemberian makan siang sehat bergizi kepada siswa. 

 

Kegiatan B2SA Goes to School ini merupakan kegitan yang pembiayaannya bersumber pada dana APBN dari Badan Pangan Nasional. Untuk tahun anggran 2024 ini Sulwesi Barat mendaatkan pembiyaan untuk 10 sekolah yang di fokuskan di Kabupten Mamuju.  

 

Melalui program ini, Dinas Ketapang Sulbar memulai sosialisasi di SMKN 1 Rangas Mamuju, Jumat (17/05/2024)

 

Kadis Ketapang Sulbar, Waris Bestari, menjelaskan 

BGtS bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan implementasi makanan yang memenuhi konsep pola makan B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman). 

 

Sosialisasi dan pemberian makanan yang sehat dan bergizi ini adalah sebagai upaya memberikan pemahaman dan edukasi serta implementasi mengenai pentingnya mengkonsumsi makanan yang memenuhi pola makan yang beragam, bergizi seimbang dan aman sejak dini. 

 

"Diharapkan siswa dapat terpenuhi kebutuhan akan nutrisi yang di perlukan selama masa pertumbuhannya," kata Waris. 

 

Dia menjelaskan masa remaja terjadi pertumbuhan fisik dan perkembangan mental sangat pesat, sehingga dibutuhkan suplai zat gizi yang cukup bagi para remaja. Selain itu membiasakan pola makan B2SA sejak dini agar kedepan tercipta generasi yang cerdas dan sehat. 

 

"Sehingga nanti pada saat bekerja dapat lebih produktif,” sambungnya.

 

Kepala Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan menambahkan, Sosialisasi dan implementasi pemberian makan siang yang sehat dan bergizi ini tahun ini akan dilaksanakan di 10 sekolah.

"Kita fokuskan di Kabupaten Mamuju dulu,” ungkap Nugroho.

 

Salah seorang siswa SMKN 1 Rangas, Annisa yang menjadi peserta kegiatan menyampaikan rasa senangnya dan berharap agar kegiatan sosialisasi dan pemberian makan siang seperti ini dapat dilaksanakan setiap hari sekolah, sehingga mereka bisa lebih fokus belajar di sekolah.

 

“Bagus kalau tiap hari kita di kasi makan di sekolah, kita bisa lebih fokus belajar,” ujar Nisa.(rls)

Read 95 times
(0 votes)