16 Mei 2024

DLH Bersama Disdikbud Sulbar Dampingi Tim Penilai Adiwiyata Polman Lakukan Verlap CSAP 2024

 

Polman – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sulawesi Barat melalui Bidang Pengelolaan Sampah, LB3 dan Peningkatan Kapasitas LH bersama Kabid SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sulbar Muh. Faezal, yang kesemuanya tergabung sebagai Tim Penilai Adiwiyata Sulbar Tahun 2024, turut mendampingi Tim Penilai Adiwiyata Polewali Mandar (Polman) dalam melakukan Verifikasi Lapangan (Verlap) Calon Sekolah Adiwiyata Provinsi (CSAP) Tahun 2024 yang ada di Polman.

 

Tim Penilai Adiwiyata Polman terdiri dari DLH dan Disdikbud Polman. Verlap CSAP Tahun 2024 ini dilaksanakan pada Selasa, 14 Mei 2024, di dua sekolah yang di usulkan yaitu SMK PP Negeri Rea Timur dan SD Negeri 012 Galeso yang telah melalui tahap verifikasi dokumen.

 

Hasil temuan verifikasi dokumen dan verlap, dua sekolah tersebut masih harus melengkapi kekurangan – kekurangan. Jika semua sekolah sudah melengkapi kekurangan tersebut akan menjadi pertimbangan Tim Penilai Adiwiyata, apakah sekolah layak menerima Penghargaan Adiwiyata Provinsi Tahun 2024 nantinya.

 

Secara terpisah, Kepala DLH Sulbar Zulkifli Manggazali menyampaikan, setelah sampai di titik verlap merupakan awal untuk berjuang dalam mewujudkan sekolah Adiwiyata. Ia berharap, dengan kegiatan Adiwiyata bisa mendorong sekolah-sekolah untuk pelestarian lingkungan sekolahnya sendiri dalam menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkkan dampak lingkungan yang negatif. 

 

“Sesuai dengan tujuan Program Adiwiyata sendiri yaitu menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah agar menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah (guru, murid dan pekerja lainnya), sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya-upaya penyelamatan dan pembangunan yang berkelanjutan sesuai dengan cita-cita Kementerian Lingkungan Hidup. Seluruh pelajar ikut terlibat dalam segala kegiatan atau aktivitas persekolahan demi menuju lingkungan yang sehat dan juga mampu menghindari dampak lingkungan yang negatif,” kata Zulkifli.

 

Penulis : DLH Sulbar

Editor : humassulbar

Read 74 times
(0 votes)