13 Mei 2024

Rakerpim Pemprov Sulbar 2024, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan RKPD-APBD Tahun 2024

 

Mamuju –Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar) menggelar Rapat Kerja Pimpinan (Rakerpim) Tahun 2024, di Lantai III Kantor Gubernur Sulbar, Kamis (9/05/2024).

 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Provinsi Sulbar, Junda Maulana memaparkan Tema RKPD Provinsi Sulbar yaitu Peningkatan Ekonomi Inklusif dan Daya Saing Sumber Daya Manusia (SDM) serta empat (4) Prioritas RKPD Provinsi Sulbar.

1. Meningkatkan daya saing ekonomi melalui penguatan sektor unggulan daerah.

2. Meningkatkan kualitas SDM yang berdaya saing.

3. Meningkatkan pengelolaan lingkungan hidup dan ketahan bencana.

4. Mewujudkan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik yang berdampak ke masyarakat.

 

“Selain itu kita mempunyai target-target pembangunan yang telah disepakati antara pemerintah provinsi dan pemerintah pusat, seperti pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan Pemprov Sulbar 5,10. Sebagai informasi di triwulan pertama Alhamdulillah kita berada di 6,02 %,“ kata Junda Maulana, dalam paparannya.

 

Pada kesempatan itu, Kepala Bapperida Sulbar juga menyampaikan capaian proses kinerja program dan realiasi anggaran.

 

 “Capaian program 38,14 % kita masih sisa target dalam sisa tahun anggaran 61,86 % untuk realisasi anggaran kita di rata rata 29,85% masih sisa target 70,15 %,” beber Junda.

 

Sementara, Pj. Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh, dalam arahannya menekankan realisasi program dan anggaran setiap OPD harus berorientasi pada hasil dari program tersebut. 

 

"Realisasi anggaran bukan satu-satunya ukuran, yang harus dilihat adalah dampak dari realisasi, masyarakat mendapatkan apa, misalnya tenaga kerja harus tumbuh, stunting selesai, pendidikan berjalan dengan baik, anak-anak yang diterima di PTN bertambah, masyarakat yang sakit berkurang, harus berdampak seperti itu," tandas Zudan.

 

Turut hadir dalam rakerpim, para Asisten, Staf Ahli, Kepala Perangkat Daerah serta para pendamping Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional Lingkup Pemrov Sulbar.

 

Penulis : Bapperida Sulbar

Editor : humassulbar

Read 105 times
(0 votes)