09 Mei 2024

Prakiraan Daerah Potensi Banjir Bulan Mei 2024, Plt. Kalaksa BPBD Sulbar Imbau Pemda dan Masyarakat Siapkan Langkah Konkret

 

Mamuju--Berdasarkan data prakiraan potensi banjir bulan Mei Tahun 2024 yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) serta Badan Informasi Geospasial (BIG) pada tanggal 2 Mei 2024 dan prakiraan potensi terjadi gerakan tanah pada bulan Mei 2024 yang dikeluarkan oleh Badan Geologi, Kementerian ESDM pada tanggal 30 April 2023, maka diperlukan upaya pencegahan dalam meminimalisasi dampak ancaman bencana banjir dan gerakan tanah (longsor) yang mungkin timbul.

 

Menindaklanjuti hal tersebut, Rabu 08 Mei 2024, Plt. Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Sulbar Muhammad Yasir Fatta menghimbau pemerintah kabupaten (pemkab) dan masyarakat untuk menyiapkan langkah-langkah konkret meminimalisasi dampak ancaman bencana banjir, seperti membuat daerah resapan air, penanaman pohon di area yang kosong di sekitar wilayah rawan banjir, pengelolaan sumber daya air dengan meningkatkan efisiensi penggunaan air, dan membangun kesadaran masyarakat.

 

Sedangkan, untuk antisipasi terjadinya tanah longsor, masyarakat dihimbau agar tidak menebang pohon di sekitar lereng, tidak mendirikan rumah di bawah tebing, dan tidak mendirikan bangunan di sekitar daerah pinggiran sungai.

 

Penulis : BPBD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 118 times
(0 votes)