08 Mei 2024

Bapperida Sulbar Gelar Rapat Teknis Rancangan Perumusan Kesepakatan dan Rekomendasi Konreg PDRB Kasulampua

 

Mamuju--Rapat Teknis Rancangan Perumusan Kesepakatan dan Rekomendasi Konreg PDRB Kasulampua yang dirangkaikan dengan Musrenbang Regional Sulawesi berlangsung di Ruang Rapat Bidang Riset dan Inovasi Bapperida Sulbar, Selasa 7 Mei 2024. 

 

Kepala Bapperida Sulbar dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Riset dan Inovasi, Muhammad Saleh membuka dan memimpin rapat yang dihadiri oleh Tim Perumus Kesepakatan dan Rekomendasi dari BPS, DJPb dan Staf pelaksana Bapperida Sulbar. Diketahui, Konreg PDRB Kasulampua akan dilaksanakan pada 15-16 Mei 2024 mendatang.

 

Rapat kali ini membahas konsep awal kesepakatan dan rekomendasi Konreg PDRB Kasulampua yang nantinya akan dibawa pada High Level Meeting Konreg PDRB Kasulampua 2024 di hari pertama pelaksanaan Konreg PDRB Kasulampua. 

 

“Konsep yang kami tawarkan saat ini masih berupa rancangan, sedikit gambaran dari konsep yang kami siapkan judul Kesepakatan Konreg PDRB Kasulampua tahun ini mirip dengan kesepakatan tahun sebelumnya, dengan beberapa substansi yang dirumuskan seperti upaya mendorong penguatan pondasi transformasi ekonomi melalui hilirisasi Sumberdaya Alam, penguatan riset dan inovasi serta meningkatkan produktivitas tenaga kerja di kawasan Kasulampua,” kata Muhammad Saleh, Kepala Bidang Riset dan Inovasi Bapperida Sulbar.

 

Beberapa rekomendasi juga dituturkan Kepala Bidang Riset dan Inovasi, salah satunya perlu mengembangkan strategi bersama untuk mengoptimalkan potensi unggulan masing-masing daerah, dengan fokus pada sektor-sektor prioritas daerah sebagai penopang Ibu Kota Nusantara. Selain itu juga perlu melakukan evaluasi terhadap beberapa kesepakatan konreg tahun sebelumnya.

 

Muhammad Saleh menyampaikan, kesepakatan itu diharapkan dapat didorong ditingkat pusat dan dapat menjadi acuan pemerintah dalam pengambilan kebijakan peningkatan ekonomi khususnya di wilayah Kasulampua.

 

 

BPS sebagai pembina statistik mengemukakan bahwa setiap Konreg ada materi yang dibahas. Isu-isu materi yang dibahas memiliki sharpness atau ketajaman yang berubah-ubah setiap tahun dan terfokus pada isu yang terjadi pada daerah yang menjadi tuan rumah. Namun, tetap saja kesepakatan yang disepakati tersebut harus tetap berdampak ke wilayah lainnya selain tuan rumah di Kasulampua.

 

Penulis : Bapperida Sulbar

Editor : humassulbar

Read 62 times
(0 votes)