29 Apr 2024

Hadiri Musrenbangnas RKPD 2025, Dinas ESDM Sulbar Fokus pada Pengembangan Sektor Ketenagalistrikan

 

Mamuju--Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulawesi Barat (Sulbar), dalam hal ini Kepala Bidang Ketenagalistrikan Qamaruddin Kamil bersama Pejabat Fungsional Perencana Abd. Syukur dan Pejabat Fungsional Inspektur Ketenagalistrikan Farid Asyhadi, turut serta dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) secara daring, Senin 29 April 2024.

 

Kegiatan ini dimaksudkan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025, yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

 

Kegiatan yang juga dihadiri Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Sulbar serta beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis terkait lainnya ini, menjadi wadah penting dalam menyusun prioritas pembangunan daerah. 

 

Dalam sesi diskusi, fokus utama Dinas ESDM Sulbar adalah pengembangan sektor ketenagalistrikan demi mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Sulbar.

 

Dalam pernyataannya, Kepala Bidang Ketenagalistrikan Dinas ESDM Sulbar, Qamaruddin Kamil menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam mencapai target Ratio Elektrifikasi Sulbar, yang saat ini telah mencapai 98.71 persen.

 

"Partisipasi dalam Musrenbangnas ini untuk merumuskan langkah-langkah strategis berupa program Listrik Gratis bagi masyarakat, yang masih dibutuhkan oleh masyarakat di Sulbar. Kami telah menghimpun lebih dari 8.000 rumah tangga untuk diusulkan memperoleh program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) dari Kementerian ESDM," ungkapnya.

 

Usulan-usulan prioritas yang dibahas dalam acara tersebut menjadi landasan bagi Pemprov Sulbar dalam merancang kebijakan yang terarah dan berdampak positif bagi masyarakat. Diharapkan, hasil Musrenbangnas ini akan menjadi panduan yang kuat dalam merencanakan dan mengimplementasikan program-program pembangunan energi yang inklusif dan berkelanjutan untuk tahun-tahun mendatang.

 

Penulis : Dinas ESDM Sulbar

Editor : humassulbar

Read 142 times
(0 votes)