26 Apr 2024

DLH Sulbar Ikut Berpartisipasi dalam Penanaman Mangrove Serentak di Bebanga

 

Mamuju – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) turut berpartisipasi dalam Penanaman Mangrove Serentak di Kelurahan Bebanga, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Kamis 25 April 2024. Kegiatan ini dihadiri Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup (PPKL) Alexander Bontong, mewakili Kepala DLH Sulbar Zulkifli Manggazali.

 

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Karema (BPDAS KRM) ini dimulai Pukul 08.00 Wita. Turut hadir, Kepala Bidang BPDAS PS Nugroho Santoso mewakili Kepala Dinas Kehutanan Sulbar A. Aco Takdir, perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Sulbar, Green Leathership Indonesia Sulbar, Green Ambasador Provinsi Sulawesi Barat, Ketua KTH Ecotourism Green Tadui, dan Ketua Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia Sulbar serta undangan lainnya.

 

Penanaman Mangrove Serentak dibuka dengan pembacaan sambutan seragam Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI) oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BP2SDM) Helmi Basalamah, dilanjutkan penyampaian sambutan Kepala Dinas Kehutanan Sulbar yang diwakili oleh Kepala Bidang BPDAS PS Nugroho Santoso, dan di akhiri dengan Penanaman Mangrove oleh seluruh tamu undangan di lokasi yang telah disiapkan.

 

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang PPKL DLH Sulbar, Alexander Bontong mengatakan, Tanaman Mangrove sangat berperan dalam Penurunan Gas Rumah Kaca karena dalam menyerap Carbon empat kali lebih banyak dari tanaman pohon lainnya.

 

“Setelah penanaman ini perlu ada pemeliharaan dengan melibatkan masyarakat, pemerhati lingkungan karena tingkat pertumbuhan Tanaman Mangrove sangat lambat. Disamping itu gangguan alam seperti ombak dan tiram sangat manggangu pertumbuhan Mangrove. Kegiatan monitoring dan evaluasi dari dinas terkait perlu dilakukan untuk menjadi masukan di masa datang,” ucap Alexander.

 

Penanaman Mangrove Serentak ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti Surat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor: S.315/MENLHK/PDASRH/DAS.4.7/B/12/2023, Perihal Rencana Kerja Penanaman Pohon Musim Hujan 2023-2024, maka penanaman serentak pada April ini dilaksanakan dengan agenda Penanaman Mangrove Serentak.

 

Penulis : DLH Sulbar

Editor : humassulbar

Read 175 times
(0 votes)