13 Apr 2024

Matangkan Rencana Pelaksanaan PKP Angkatan IV 2024, BPSDMD Sulbar Laksanakan Konsolidasi Internal

 

Mamuju – Di tengah suasana libur panjang dalam rangka hari Raya Idul Fitri sambil bersilaturahmi, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Sulawesi Barat (Sulbar) tetap bergiat dalam mematangkan rencana pelaksanaan Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan IV Tahun 2024 dengan melaksanakan konsolidasi internal demi kelancaran kegiatan dimaksud.

 

Hal ini sejalan dengan peran BPSDMD Sulbar sebagai penyelenggara kediklatan bagi peningkatan dan pengembangan kompetensi ASN di Sulbar.

 

Kegiatan ini rencananya akan dibuka secara resmi oleh Pj. Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh pada Kamis 18 April 2024 mendatang, bertempat di Marasa Corner, Kompleks Kantor Gubernur Sulbar.

 

Kegiatan PKP ini dilaksanakan dengan jumlah Jam Pembelajaran sebanyak 905 JP/104 Hari Pelatihan, yang terdiri dari tahap pembelajaran mandiri (self learning), tahap e-learning (synchronous dan asynchronous), tahap membangun komitmen bersama, Klasikal Tahap I, Aktualisasi Kepemimpinan dan Klasikal Tahap II. Dengan peserta sebanyak 40 orang dari OPD Provinsi Sulbar.

 

Sedangkan Tenaga Pengajar yang akan memberikan materi PKP ini berasal dari Widyaiswara dan dari Pejabat Struktural pada BPSDMD Sulbar yang sebelumnya telah mengikuti TOT PKP.

 

Selain itu, untuk memperdalam literasi kepemimpinan dan manajemen serta pembekalan yang lebih kuat, juga diberikan materi ceramah dengan isu yang aktual dan diharapkan diberikan oleh pimpinan antara lain :

1. Isu Strategis dan Kepemimpinan Pelayanan Publik oleh Pj. Gubernur Sulbar.

2. Etika dan Integritas Kepemimpinan Pancasila oleh Sekretaris Provinsi Sulbar.

3. Manajemen Mutu oleh Kepala Puslatbang KMP LAN RI.

4. Berpikir Kreatif dalam Pelayanan oleh Kepala BPSDMD Sulbar.

 

Maksud dari Pelatihan ini diharapkan peserta berkemampuan mengendalikan kegiatan pelaksanaan pelayanan publik yang dilakukannya sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang diindikasikan dengan membangun karakter dan sikap perilaku kepemimpinan Pancasila yang berintegritas, menjunjung tinggi etika birokrasi dan bertanggung jawab dalam pengendalian pelayanan publik di Unit Organisasi sebagai bentuk perilaku kepemimpinan Pancasila dan bela negara.

 

Selanjutnya peserta dapat mengaktualisasikan kepemimpinan pelayanan dan pengendalian pekerjaan sesuai dengan bidang tugasnya, melakukan inovasi, kolaborasi dan mengoptimalkan seluruh potensi sumber daya internal dan eksternal dalam rangka implementasi peningkatan pelayanan.

 

Kepala BPSDMD Sulbar, Farid Wajdi mengatakan, PKP atau Pelatihan Kepemimpinan Pengawas ini sangat penting untuk dilaksanakan untuk memahirkan para pejabat pengawas dalam melaksanakan tata kelola kegiatan di area tugasnya agar lebih agile dalam bekerja dan lebih relevan dengan tuntutan lingkungan luar yang sangat cepat berubah.

 

”Sehingga output kinerjanya dapat lebih berdampak kepada masyarakat seperti yang digariskan oleh Pj. Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh,” kata Farid Wajdi, Jumat 12 April 2024.

 

Penulis : BPSDMD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 154 times
(0 votes)