13 Apr 2024

BPSDMD Sulbar Siap Bentuk Corporate University untuk Peningkatan Kompetensi SDM Aparatur

 

Mamuju--Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Sulawesi Barat (Sulbar) mengumumkan rencananya untuk melakukan pembentukan Corporate University di Sulbar. Berdasarkan Peraturan LAN RI No. 6 Tahun 2023, dijelaskan bahwa Sistem Pembelajaran Terintegrasi (Corporate University) yang selanjutnya disebut Corpu adalah pendekatan sistem pembelajaran terintegrasi dalam pengembangan kompetensi ASN sebagaimana diatur berdasarkan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS). 

 

Corpu dalam pengembangan kompetensi SDM Aparatur di Sulbar adalah guna mewujudkan salah satu program prioritas Pj. Gubernur Sulbar, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). 

 

Salah satu konsep Corpu sendiri sudah coba diterapkan oleh BPSDMD Sulbar melalui kegiatan Webinar dengan tema ASN Kreatif yang diselenggarakan secara rutin setiap minggu dan telah berlangsung sejumlah 44 seri. 

 

Corpu merupakan strategi konkret dalam mewujudkan SDM berkualitas, profesional, dan berdaya saing. Pembentukan Corpu juga akan menandai era baru penerapan strategi pengembangan kompetensi di lingkungan Pemprov Sulbar. Selain menjadi wadah proses pembelajaran, Corpu juga berfungsi agar kebutuhan organisasi dapat tercapai. Sebab banyak pegawai yang mengikuti pendidikan dan pelatihan namun tidak sejalan dengan kebutuhan organisasinya.

 

“Kami berinisiatif untuk melakukan pembentukan Corporate University di Sulbar. Ini akan menjadi tonggak penting dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalisme SDM Aparatur di Sulbar. Melalui Corporate University, kami berharap dapat memberikan pelatihan yang relevan dan berkualitas. Kami berkomitmen untuk bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan visi ini dan memperkuat posisi kami sebagai pusat pendidikan dan pelatihan pengembangan SDM Aparatur di Sulbar,” ujar Farid Wajdi, Kepala BPSDMD Sulbar, Jumat 12 April 2024.

 

Penulis: BPSDMD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 262 times
(0 votes)