22 Mar 2024

Bapperida Dorong Pemkab Sepakat Dukung Tercapainya Target Prevalensi Stunting Sulbar 18,6 Persen 2025

 

Mamuju--Dalam rangka penurunan prevalensi stunting, Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mendorong pemerintah kabupaten (Pemkab) Se-Sulbar sepakat mendukung tercapainya target prevalensi stunting Sulbar sebesar 18,6 persen pada tahun 2025.

 

Sebelumnya, target tersebut telah disepakati dalam Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan Nasional (Rakortekrenbangnas) Tahun 2024 pada 29 Februari lalu di Surabaya.

 

Kemudian melalui Rakortekrenbang Sulbar Tahun 2024 yang dilaksanakan pada Rabu (20/3/2024), Bapperida Sulbar melakukan sinkronisasi dan harmonisasi bersama Dinas Kesehatan Sulbar dan Pemerintah Kabupaten Se-Sulbar untuk pencapaian target tersebut, serta berkontribusi dalam pencapaian target nasional.

 

Menurut Kepala Bapperida Sulbar, Junda Maulana, sebagai program prioritas, urusan kesehatan menjadi salah satu desk penting dalam rakortekrenbang. Itu juga sebagai tindak lanjut dari program Pemprov Sulbar 

 

“Sebagaimana yang telah disampaikan Bapak Pj. Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh masih menjadi salah satu dari lima provinsi yang mempunyai prevalensi di atas 30 persen. Ini yang harus terus kita upayakan bersama dengan pemerintah kabupaten, melalui pembahasan di desk urusan bidang kesehatan,” kata Junda Maulana.

 

“Namun, dengan turunnya prevalensi balita stunting Sulbar menjadi 30,3 persen, kita patut mengapresiasi kerja keras seluruh stakeholder yang terlibat untuk mencapai angka tersebut," sambungnya.

 

Pada Rakortekrenbang Sulbar Tahun 2024 ini, Pj. Gubernur Sulbar, Prof. Zudan Arif Fakrulloh mengungkapkan capaian penurunan prevalensi balita stunting Sulbar sebanyak 4,7 persen.  

 

Prof. Zudan mengatakan, berdasarkan Survei Kesehatan Indonesia 2023, penurunan ini tertinggi ke-3 di seluruh Indonesia.

 

“Yang menggembirakan adalah Sulbar termasuk 19 provinsi yang memberikan andil penurunan besar, 15 lainnya terjadi kenaikan stunting,” sebut Prof. Zudan.

 

Penulis : Bapperida Sulbar

Editor : humassulbar

Read 222 times
(0 votes)