21 Mar 2024

Pentingnya Kolaborasi Untuk Pelaporan LTT Padi, Jagung dan Kedelai

 

Mamuju - Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (DTPHP) Sulawesi Barat (Sulbar) Syamsul Ma’rif melakukan rapat internal bersama Bidang Tanaman Pangan dan Bidang Penyuluhan, Kamis, 21 Maret 2024. 

 

Rapat membahas terkait pelaporan Luas Tambah Tanam (LTT) padi, jagung, dan kedelai. Dilaksanakan di Ruang Bidang Tanaman Pangan, pertemuan tersebut dihadiri Koordinator Penyuluh Sulbar Asiarni Natsir beserta pejabat fungsional, Kepala Bidang Tanaman Pangan DTPHP Sulbar, Titiek Anas beserta staf. 

 

Kepala DTPHP Sulbar, Syamsul Ma’rif dalam pertemuan itu menekankan, adanya suatu kolaborasi untuk membuat sistem pelaporan LTT dan Luas Panen berbasis desa, untuk keperluan pelaporan ke pusat agar data yang diinput tepat dan cepat.

 

Di kesempatan yang sama, Kepala Bidang Tanaman Pangan DTPHP Sulbar, Titiek Anas mengatakan, dengan rapat internal itu diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dan kolaborasi antar stakeholder, agar mempercepat peningkatan LTT padi, jagung, kedelai di wilayah Sulbar dan mendapatkan kualitas data yang update on the spot di tiap kabupaten. 

 

Sementara itu, Koordinator Penyuluh Sulbar, Asiarni Natsir menyampaikan, pihaknya terus memaksimalkan dan mendorong peran petugas penyuluh pertanian di lapangan sebagai motivator, membina, mengawal dan menggerakkan petani dan merealisasikan target luas tanam melalui peningkatan LTT dan peningkatan Indeks Pertanaman (IP) pada masing-masing wilayah binaan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL). 

 

Hasil rapat tersebut adalah menghimbau kepada koordinator Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) kecamatan se- Sulbar untuk berkolaborasi mengumpulkan/mengevaluasi Laporan LTT setiap kelurahan atau desa yang ada di wilayah kerja masing-masing. 

 

Penulis : DTPHP Sulbar

Editor : humassulbar

Read 326 times
(0 votes)