09 Mar 2024

Berbagi Pengetahuan Sektor Pertambangan, Dinas ESDM Bersama Koordinator Inspektur Tambang Wilayah Sulbar Kunjungi Sulteng

 

Sulteng--Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Mohammad Ali Chandra bersama Koordinator Inspektur Tambang Wilayah Sulbar Hilal, melaksanakan Benchmarking ke Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

 

Benchmarking adalah proses membandingkan suatu produk, proses, atau kinerja bisnis dengan standar terbaik yang ada. Dengan melakukan proses ini, dapat memahami bagaimana dapat meningkatkan kinerja bisnis dan memastikan bahwa dapat bersaing dengan yang terbaik.

 

Kegiatan itu dilaksanakan selama dua hari yakni Senin-Selasa (04-05 Maret 2024). Tujuannya, untuk menambah dan memperluas pengetahuan dan meningkatkan kualitas dan menciptakan peluang untuk pembelajaran dan perkembangan organisasi.

 

Dalam kegiatan itu, Kepala Dinas ESDM Sulbar didampingi Kepala Bidang Minerba Ilham dan dua Pejabat Fungsional Analis Kebijakan dan seluruh Staf Bidang Minerba. Turut hadir dua anggota Koordinator Inspektur Tambang Wilayah Sulbar yaitu Amran dan Ratna Lewa.

 

Adapun agenda kegiatan pada hari pertama melaksanakan diskusi/sharing dengan Dinas ESDM Sulteng di Ruang Rapat Dinas ESDM Sulteng terkait perizinan dan pembahasan dokumen teknis dan RKAB serta segala hal yang menyangkut tugas pokok Dinas ESDM Provinsi pasca Perpres Nomor 55 Tahun 2022 yaitu Pendelegasian Perizinan Berusaha Pertambangan.

 

Hari kedua, melakukan tinjauan lapangan ke Lokasi Tambang yang ada di Palu dari rekomendasi Inspektur Tambang Wilayah Sulteng untuk melihat Pemegang IUP yang taat pada aturan baik dari aspek administrasi, finansial, teknisi dan lingkungan. 

 

Pada kegiatan tinjauan lapangan itu, Dinas ESDM Sulbar didampingi Dinas ESDM Sulteng dan Inspektur Tambang Wilayah Sulteng mengunjungi PT. Palu Batu Madu di Donggala dengan Komoditas Andesit.

 

Kepala Dinas ESDM Sulbar, Mohammad Ali Chandra mengatakan, kegiatan itu menjadi ajang sharing knowledge (berbagi pengetahuan) antara Dinas ESDM Sulbar dengan Dinas ESDM Sulteng terkait pelayanan Perizinan Berusaha di Sektor Pertambangan dan Pembahasan Dokumen Teknis, untuk mendorong kinerja yang lebih baik khususnya untuk Bidang Minerba Dinas ESDM Sulbar. (rls)

Read 311 times
(0 votes)