09 Mar 2024

Langkah Strategis Menertibkan Pola Kerja, Biro PBJ Dorong Penyempurnaan SOP

 

Mamuju--Biro Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Barat (Setda Sulbar) menggelar Rapat Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP), Rabu, 6 Maret 2024. Rapat dipimpin Kepala Bagian Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa, M. Yamin Saleh.

 

 

Dalam pertemuan yang dihadiri Tim Kerja SOP itu, diskusi mendalam terfokus pada penyusunan SOP Rutin dan SOP Layanan. Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan standar cara kerja yang jelas bagi setiap pegawai dalam menjalankan tugasnya, dengan harapan mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin terjadi.

 

Dalam rapat, M. Yamin Saleh menyoroti peran vital SOP dalam menertibkan pola kerja. Menurutnya, penyusunan SOP bukan sekadar formalitas, melainkan langkah strategis untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas di Biro PBJ. 

 

"SOP akan menjadi panduan bagi setiap pegawai, sehingga tanggung jawab individual dan kinerja organisasi secara keseluruhan dapat ditingkatkan," ujar M. Yamin.

 

Dia menekankan, SOP menjadi instrumen kunci dalam menciptakan lingkungan kerja yang teratur dan terstruktur. 

 

 

"Dengan adanya SOP yang jelas, diharapkan proses pengadaan barang dan jasa akan menjadi lebih terukur dan transparan, serta dapat mengurangi potensi kesalahan yang dapat merugikan organisasi," tuturnya.

 

 

Ketua Tim Kerja SOP Biro PBJ Setda Sulbar, Andriani Vemy Paalloan mengatakan, dengan SOP yang terstandarisasi, dapat memiliki pedoman yang konsisten dalam menjalankan tugas sehari-hari.

 

 

"Ini akan membantu memperbaiki proses kerja yang ada dan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan," ucapnya.

 

 

Rapat berlangsung lancar dan dipenuhi dengan diskusi yang konstruktif. Di akhir pertemuan, disepakati bahwa masih perlu beberapa perbaikan terkait SOP yang telah disusun. (rls)

Read 180 times
(0 votes)