09 Mar 2024

Kepala Bapperida Sulbar Ajak Perangkat Daerah Sukseskan SDI

 

Mamuju--Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Junda Maulana mengajak seluruh perangkat daerah sukseskan Satu Data Indonesia (SDI). 

 

Itu disampaikan pada Forum SDI Sulbar yang digelar di Aula Hotel Aflah Mamuju, Kamis (7/3/2024).

 

“Mari bekerjasama, karena dengan koordinasi dan kerja sama di semua lini sangat menentukan kesuksesan dari terbitnya SDI, yang menjadi salah satu program prioritas dalam mewujudkan Sulawesi Barat yang Malaqbi, Maju dan Berkelanjutan,” ajak Junda.

 

Forum SDI menjadi wadah Instansi Pusat dan Instansi Daerah, dalam rangka penyelenggaraan tata kelola data, untuk mewujudkan ketersediaan data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan serta mudah di akses bagi pengguna.

 

Selain itu, meningkatkan integritas dataset yang dirilis oleh pemerintah melalui standarisasi penyelenggaraan data, juga menghindari terjadinya multi standar penyelenggaraan data rilis pemerintah melalui mekanisme harmonisasi data antar Instansi Pemerintah yang bermanfaat sebagai standar data statistik.

 

Sebelumnya, Sekprov Sulbar, Muhammad Idris berharap Forum SDI dapat menghasilkan data – data yang berkualitas sebagai pemecahan masalah yang akurat pada setiap sektor.

 

“Dengan adanya forum ini diharapkan dapat memecahkan masalah pada setiap sektor organisasi, dengan cara memanfaatkan data-data yang berkualitas. Data merupakan Bigbone dalam melakukan perencanaan sehingga menjadi pemecahan masalah yang akurat. Untuk percepatan SDI di Sulbar. Ada lima hal yang dapat menentukan yaitu komitmen para pimpinan OPD, SDM yang berkualitas, memberikan dukungan penuh, menggunakam data sebagai penunjang dalam penyusunan program dan melakukan pemantauan dan evaluasi," kata Idris.

 

Hal tersebut direspon Kepala Bapperida Sulbar dengan mengajak OPD untuk memanfaatkan data sebelum menjalankan suatu program.

 

“Data itu sangat penting, seperti arahan Pak Sekda agar memanfaatkan data sebelum menjalankan suatu program OPD dan juga data digunakan dalam melakukan evaluasi. Apabila data kurang lengkap, maka tidak akan maksimal melalukan evaluasi. Di 2 Mei tahun ini sesuai arahan Pj. Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh, kami akan meresmikan SAPOTA (Satu Portal Data) Sulbar. Dengan adanya SAPOTA ini diharapkan SDI di Sulbar ini dapat ditingkatkan lagi kualitas data Sulbar,” tutupnya. (rls)

Read 169 times
(0 votes)