05 Mar 2024

Rencana Pembangunan Terminal Khusus di Desa Lebani, Bapperida Ingatkan Patuhi Peraturan yang Ada

 

MAMUJU--Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menghadiri Rapat Teknis Pemeriksaan Formulir Kerangka Acuan Rencana Pembangunan Terminal Khusus di Desa Lebani, Kecamatan Tapalang Barat, Kabupaten Mamuju, Senin, (04/03/2024).

 

Pada kesempatan ini, Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan (Ifwil), Arjanto hadir mewakili Kepala Bapperida Sulbar, Junda Maulana untuk membahas Rencana Pembangunan Terminal Khusus di Desa Lebani oleh PT. Tambang Batuan Andesit.

 

“Dalam rapat, Pemrakarsa memaparkan bahwa telah melakukan sosialisasi dan konsultasi publik dengan Pemerintah Kecamatan Tapalang Barat beserta masyarakat setempat, dan masyarakat setempat mendukung pembangunannya,” ungkap Arjanto usai mengikuti rapat.

 

Arjanto mengingatkan Pemrakarsa agar benar-benar mematuhi peraturan yang ada termasuk memperhatikan delineasi hutan lindung, menjaga mangrove yang ada, menghindari konflik sosial yang mungkin dapat ditimbulkan dalam pembangunan terminal khusus tersebut.

 

“Pembangunan harus selalu pro kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

 

Ditemui di tempat berbeda, Kepala Bapperida Sulbar, Junda Maulana menekankan, pembahasan itu menjadi penting mengingat zona tersebut berada di zona perikanan tangkap. Sementara Sulbar diperhadapkan dengan posisi sebagai penyanggah IKN, dan kebutuhan IKN beberapa tahun ke depan akan sangat tinggi terhadap material batu dalam pembangunannya. (rls)

Read 322 times
(0 votes)