28 Feb 2024

Toilet Pasar di Enam Kabupaten Mulai Bersih, Bukti Pemkab Tindaklanjuti Program Tolsih

 

MAMUJU, --Gerakan Toilet Bersih (Tolsih) yang dijalankan Pemprov Sulbar melalui arahan Pj.Gubernur Sulbar Prof.Zudan Arif Fakrulloh berhasil menggerakkan Pemkab di enam kabupaten. 

 

Hal itu terlihat dari hasil pantauan Dinas Koperasi dan UKM, Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Barat (Koperindag Sulbar), dalam meninjau kebersihan toilet di enam kabupaten. Ada 12 toilet menjadi sasaran. 

 

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperindag Sulbar, Muhammad Najib mengatakan, sebagaimana misi dari program ini adalah membangun kesadaran seluruh instansi di Sulbar agar peduli terhadap kebersihan ruang-ruang pelayanan publik. Hal ini juga sejalan dengan arahan Mendagri Tito Karnavian. Tak hanya instansi, program ini juga sebagai bentuk ajakan kepada masyarakat agar persoalan kebersihan toilet menjadi perhatian bersama. 

 

“Kami ingin mengajak masyarakat, khususnya pedagang dan pengunjung pasar, untuk bersama-sama menjaga kebersihan toilet pasar. Toilet pasar adalah fasilitas publik yang harus kita rawat bersama. Jangan sampai toilet pasar menjadi sarang penyakit dan sumber bau tidak sedap,” kata Muhammad Najib Ali, Senin 26 Februari 2025. 

 

Kepala Dinas Koperindag Sulbar, Bau Akram Dai berharap agar Dinas Perdagangan kabupaten turut berperan aktif dalam menjaga kebersihan toilet di pasar. 

 

"Dengan demikian, masyarakat dapat merasakan manfaat dari toilet pasar yang bersih dan sehat," tutupnya. 

Diketahui, penilaian toilet bersih sudah dilaksanakan dua kali, pertama pada 19 Februari 2024, toilet terbersih adalah Toilet Pasar Rakyat Kecamatan Martajaya, Kabupaten Pasangkayu. Kedua pada 26 Februari 2024, toilet terbersih adalah Toilet Pasar Rakyat Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene. Penilaian dilakukan tiap pekan. (rls)

Read 360 times
(0 votes)