27 Feb 2024

Uji Kualitas, UPTD BPSMB Kumpulkan Sampel Biji Kopi dan Kakao Tiga Kabupaten di Sulbar

 

MAMUJU--Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Dinas Koperasi dan UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan pengumpulan sampel biji kopi dan kakao di tiga kabupaten yang ada di wilayah Sulbar.

 

Adapun tiga kabupaten dimaksud yakni Mamasa, Mamuju Tengah dan Pasangkayu. Pengumpulan sampel biji kopi dan kakao dilakukan pada 22-28 Februari 2024.

 

Kepala UPTD BPSMB Dinas Koperindag Sulbar, Adnan Rasjid mengatakan, pengambilan sampel bertujuan untuk menguji kadar air dan visual biji kopi dan kakao.

 

“Kadar air yang rendah dan visual yang baik menunjukkan kualitas dan daya tahan biji kopi dan kakao yang tinggi. Ini penting untuk mengetahui apakah produk biji kopi dan kakao di Sulbar memenuhi standar ekspor,” ujarnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Koperindag Sulbar, Bau Akram Dai menekankan, Sulbar memiliki potensi kopi dan kakao yang besar. 

 

“Sulbar memiliki potensi kopi dan kakao yang cukup besar, jadi kita mau memastikan dari segi kualitas apakah produk biji kopi dan kakao kita layak ekspor atau tidak?. Hasil pengujian sampel ini nantinya akan kami gunakan sebagai dasar dalam pengambilan kebijakan,” katanya.

 

Selain Kabupaten Mamasa, Mamuju Tengah, dan Pasangkayu, pengumpulan sampel biji kopi dan kakao juga akan dilaksanakan di Kabupaten Polewali Mandar. Biji kopi dan kakao yang menjadi sampel dibeli dari pedagang besar biji kopi dan kakao yang ada di kabupaten masing-masing. (rls)

Read 221 times
(0 votes)