19 Feb 2024

Sukseskan Program Listrik Masuk Sawah, Dinas TPHP Sulbar Akan Bangun Kerja Sama dengan PT. PLN Cabang Mamuju

 

Mamuju – Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (TPHP) Sulawesi Barat (Sulbar) melalui Bidang Tanaman Pangan melakukan kunjungan kerja ke PT. PLN (Persero) Cabang Mamuju, Selasa 13 Februari 2024. 

 

Kunjungan di Kantor PT. PLN itu dalam rangka mengkoordinasikan instruksi Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) untuk dapat melakukan kerja sama dalam hal mensukseskan program listrik masuk sawah sebagai upaya peningkatan produktivitas tanaman pangan.

 

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas TPHP Sulbar, Titiek Anas mengatakan, kunjungan itu dalam rangka menjaga ketahanan pangan, mewujudkan kedaulatan dan kemandirian pangan.

 

"Ini juga sesuai petunjuk Menteri Pertanian RI untuk meningkatkan produksi padi dan jagung, maka akan dilakukan kerja sama dan sinergi antara Dinas Pertanian terkait di daerah dengan PT. PLN (Persero), dalam program peningkatan produktivitas sektor pertanian melalui penyediaan tenaga listrik masuk sawah untuk sumur submersible, sumur dangkal, pompanisasi turbin irigasi dan mekanisasi lainnya khususnya wilayah Sulbar," kata Titiek.

 

Ditemui di tempat terpisah, Kepala Dinas TPHP Sulbar, Syamsul Ma’rif berharap melalui program agriculture bundling package atau listrik masuk sawah itu dapat memberikan kemudahan kepada petani untuk bisa merasakan manfaat elektrifikasi.

 

"Hal ini dapat menekan biaya operasional selain menggunakan bahan bakar minyak dalam usaha taninya, sehingga dapat mendorong peningkatan produktivitas tanaman pangan," kata Syamsul Ma’rif, Senin 19 Februari 2024. 

 

Sementara, Team Leader Retail PT. PLN (Persero ) Cabang Mamuju, Ryan Dinansyah Mufly mengatakan, pihaknya telah memberikan kemudahan listrik masuk sawah beberapa waktu lalu kepada petani di wilayah Sulbar, yaitu di Dusun Indo Andi, Desa Beroanging, Kecamatan Mapilli, Polewali Mandar sebesar 33000 VA.

 

"Kedepannya akan diupayakan lagi adanya bantuan dari PT. PLN Cabang Mamuju untuk program listrik masuk sawah ini," ujarnya. (rls)

Read 186 times
(0 votes)